Tutorial Menulis artikel di Blog Sesuai Kaidah SEO ala YOAST


Pilih blogspot apa wordpress?

Dalam kesempatan ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan saya bagaimana menulis artikel di blog sesuai kaidah SEO. Di sini saya banyak menggunakan screenshoot dari Wordpress, karena saya memang lebih familiar di Wordpress dibandingkan di blogspot. Tapi secara garis besarnya adalah sama saja. Yang berbeda hanya platformnya saja.

Cara menulis sesuai SEO

Baik kita langsung pada cara menulis artikel di blog sesuai kaidah SEO ini:
1. Pilih dan tetapkan kata kunci yang hendak kalian gunakan.
2. Kalian bisa melakukan riset kata kunci yang kalian ingin tetapkan dengan menggunakan ubersuggest 

Cara Menulis Artikel di Blog Sesuai Kaidah SEO 1
Kalian bisa mengisikan kata kunci pada kotak yang tersedia dan klik SEARCH. Alternatif lain kalian bisa menggunakan google keyword planner.

Pada artikel ini saya mengambil contoh kata kunci "Isi Ulang Oksigen di Gresik" - di artikel ini saya tidak meriset kata kunci sebelumnya.

Cara Menulis Artikel di Blog Sesuai Kaidah SEO 2

Dari gambar di atas kalian bisa melihat dari judul artikel sudah tersemat kata kunci yang telah kita tetapkan, kemudian dari url permalinknya juga tersemat kata kunci. Tidak kalah penting di paragraf pertama juga mengandung kata kunci yang sama.

Catatan 1: Kata kunci/ Keyword harus ada di judul, permalink, dan paragraf awal.

Untuk memenuhi kaidah SEO, usahakan jumlah artikel minimal berisi 300 kata. Dan kata kunci yang kita bidik usahakan juga tersebar rata di dalam artikel. Jika anda menggunakan wordpress, usahakan tidak memakai format penanggalan dalam setting permalinknya. Setting permalink langsung pakai /%postname%/ akan lebih bagus. Dalam gambar contoh sudah kadung menggunakan format waktu, yang jika itu diubah akan berakibat mempengaruhi ranking dari setiap postingan.

Kemudian, jangan lupa juga untuk mengisi tag karena tag sangat penting dan berfungsi mempermudah artikel untuk ditemukan ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu.

Daftarkan URL di Google Search Console 

Cara Memulis Artikel di Blog Sesuai Kaidah SEO 4
Setelah artikel sudah selesai penulisannya langkah selanjutnya adalah melakukan publikasi artikel. Copy url/ link tersebut dan pastekan pada kolom yang tersedia di google search console - Inspeksi URL. Jika sudah maka selanjutnya adalah klik untuk minta pengindeksan/ crawl google.

Sampai tahapan ini kita tinggal menunggu BOT dari mesin pencarian google untuk mengcrawl postingan kita.

Dan ini adalah hasilnya:
Cara Memulis Artikel di Blog Sesuai Kaidah SEO 5


Hanya dalam waktu singkat artikel kita berada di pageone. Pencapaian yang paling cepat yang pernah saya dapatkan adalah, artikel berada di pageone hanya dalam waktu 4 menit setelah didaftarkan di Google Search Console, karena kata kunci yang saya pilih kebetulan persaingannya rendah.

Okay, sampai di sini sudah paham ya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar.
Sampai bertemu kembali di artikel yang lain

0 Response to "Tutorial Menulis artikel di Blog Sesuai Kaidah SEO ala YOAST"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel