Mengenal Jenis Tanaman Karnivora Pemakan Serangga

Ada beberapa jenis tanaman di dunia ini berdasarkan tanaman tersebut memperoleh dan mengolah makanan, salah satunya tanaman karnivora, Tanaman yang termasuk kategori tanaman karnivora ada berbagai macam. Di antaranya adalah:


1. Portuguese Sundew (Drosophyllaceae lusitanicum)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
Portuguese Sundew (Drosophyllaceae lusitanicum), Photo via pinterest

Tanaman ini merupakan tanaman asli dari Portugal, Spanyol, dan Maroko. Tanaman ini biasanya  tumbuh di tempat yang kering, seperti tanah alkalin.  Portuguese Sundew (Drosophyllaceae lusitanicum) memiliki aromanya yang khas membuat serangga tertarik untuk mendekatinya. Sehingga serangga dapat terjebak dan dijadikan mangsanya. Serangga bisa ditangkap dikarenakan ada lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar yang terdapat pada daunnya.


2.  North American Pitcher Plant (Sarracenia)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
North American Pitcher Plant, Photo via flicker

Tanaman North American Pitcher Plant ini memiliki saluran sepanjang kurang lebih 1 meter untuk menjebak serangga yang mendekatinya.  North American Pitcher Plant Hidup  di rawa-rawa wilayah timur dan selatan Amerika Serikat dan Kanada. Serangga tertarik oleh nektar yang berada di bibir perangkap serta kombinasi dari warna dan aromanya.

3. California Pitcherplant (Darlingtonia californica)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
California Pitcherplant, Photo via flickr

California Pitcherplant ini pertama kali ditemukan di bagian utara California dan Oregon. Tanaman ini hidup di rawa dan air yang mengalir. California Pitcherplant memiliki daun yang berbentuk tabung seperti kobra, dan memiliki daun yang bercabang. Berbeda dengan tumbuhan lainnya, daun California Pitcherplant tidak menghasilkan enzim yang digunakan untuk mencerna makanannya.


4.  Mocassin plant or Western Australiarn pitcher plant (Cephalotus)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
 Western Australiarn pitcher plant, Photo Via Daves Garden


Mocassin plant or Western Australiarn pitcher plant ini hidup di  bagian barat daya benua Australia. Tanaman ini memiliki perangkap dengan mulut yang lebih lebar tatapi lebih pendek untuk menangkap mangsanya.

5. Pitcher Plants (Nepenthes)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
Pitcher Plants (Nepenthes) Photo via Sandiegozoo.org


Tanaman Pitcher Plants (Nepenthes) ini dilengkapi perangkap yang paling spektakuler, bahkan bisa dibilang yang paling canggih.  Pitcher Plants (Nepenthes) tumbuh dari Madagask√•r dan Asia Tenggara sampai ke timur laut Australia.


6. The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
Venus Fly Trap, Photo via The National Botanic Garden of Wales

Tanaman Venus Fly Trap ini hidup di rawa daerah Carolina utara dan Carolina selatan  (tenggara Amerika Serikat). Tanaman ini  memiliki perangkap yang dibentuk oleh bagian sisi masing-masing dari daun unuk menangkap dan mencerna mangsa, terutama serangga dan Arakhnida.


7. Waterwheel plant

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
Waterwheel Plant
Tanaman Waterwheel plant jenis ini yang berkaitan dengan sundews. Satu-satunya spesies ini ditemukan di Eropa, Asia, Afrika, dan Australia. Waterwheel plant hidup di dalam air dan memiliki perangkap yang berada di sekitar tengah batangnya. Perangkap ini terdiri atas dua lobus yang membuka  bersama untuk membentuk seperti sebuah buku yang terbuka. Perangkap akan memutar sehingga titik bukaan perangkap berada di luar dan di dalam. Pada perangkap Waterwheel plant ini terdapat lapisan rambut pemicu, yang akan menutup jika ada kontak dengan invertebrata air yang terperangkap.


8. Bladderworts (Utriculario dan Polypompholyx)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
 Bladderworts (Utriculario dan Polypompholyx), Photo via USDA Forest Services



Tanaman ini terkait dengan butterworts dan mewakli genus terbesar tanaman karnivora (lebih dari
200 jenis), bahkan lebih banyak daripada sundews. Tanaman ini umumnya ditemukan di danau, kolam, rawa basah, dan sungai dan sungai; sering di dalam air hingga kedalaman 6 kaki. Beberapa serangga, mamalia, dan unggas air umumnya menggunakan tanaman ini sebagai sumber makanan, dan lainnya menggunakan batang sebagai tempat berlindung, atau bertelur.


9. Butterworts (Pinguiculo)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
Butterwordt Plant, Photo via stuart anthony 
Tanaman ini hidup di daerah basah di Amerika, Eropa, dan Asia Utara. la menggunakan kelenjar daunnya yang lengket untuk memikat, menjebak, dan mencerna  serangga untuk menambah nutrisi mineral yang diperoleh dari lingkungan


10. Sundews (Drosera)

Tanaman Karnivora Pemakan Serangga
Sundews (dorsera), Photo  via growsundews.com
Tanaman ini mewakil lebih dari 170 spesies. Tanaman ini di antara tanaman karnivora yang paling banyak ditemukan di seluruh dunia di semua benua (kecuali Antartika).
Berbagai tanaman tersebut tidak bisa kita jumpai di sembarang tempat, karena tidak semuanya ada di Indonesia. Bahkan, sebagian besar ditemukan di belahan eropa.

Selama ini  kita menganggap bahwa tanaman merupakan bahan konsumsi makanan bagi makhluk hidup. Ternyata, tidak semua tumbuhan dimakan oleh makhluk hidup lain, seperti manusia dan binatang. Sebaliknya, tanaman bisa memakan serangga sebagai sumber nutrisi mereka.

0 Response to "Mengenal Jenis Tanaman Karnivora Pemakan Serangga"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel