Proses Terjadinya Hujan yang Kamu Wajib Tahu !

Konten [Tampil]
Hujan tidak serta merta turun begitu saja ke bumi, ada proses proses awal yang terjadi. Dalam Al Quran Surat An Nuur Ayat 43 juga sudah dijelaskan dengan detail;

اَلَمۡ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُزۡجِىۡ سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيۡنَهٗ ثُمَّ يَجۡعَلُهٗ رُكَامًا فَتَرَى الۡوَدۡقَ يَخۡرُجُ مِنۡ خِلٰلِهٖ​ۚ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَآءِ مِنۡ جِبَالٍ فِيۡهَا مِنۡۢ بَرَدٍ فَيُـصِيۡبُ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ وَ يَصۡرِفُهٗ عَنۡ مَّنۡ يَّشَآءُ​ ؕ يَكَادُ سَنَا بَرۡقِهٖ يَذۡهَبُ بِالۡاَبۡصَارِؕ‏  ﴿24:43﴾

"Tidaklah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagiannya) kemudian  menjadikannya bertindih-tindih. Maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan gumpalan awan seperti) gunung-gunung. Maka  ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan."

Proses pembentukan hujan berawal dari penguapan yang terjadi di bumi. Air air yang ada di bumi menguap. Proses evaporasi ini dibantu oleh sinar matahari yang memanaskan air di bumi. Saat uap air tersebut berkumpul di udara maka kemudian terjadi proses pemadatan/ kondensasi.

Hasil dari kondensasi uap air ini kemudian yang membentuk gugusan awan. Adanya angin yang berhembus akan membuat awan bergerak dan saling menumpuk, dan terus menuju ke atas menuju ke suhu yang lebih dingin. Saat awan di langit semakin menumpuk dan banyak, ditambah dengan hembusan angin yang makin kencang membuat massa awan menjadi semakin berat. Akhirnya, awan kehilangan kemampuan untuk menopang air atau es yang terkandung di dalamya.

Sehingga kemudian turunlah butiran- butiran air ke permukaan bumi (proses presipitasi). Makin lama butiran air atau es tersebut turun semakin deras. itu. Itulah yang kemudian kita sebut hujan. Jika suhunya sangat rendah, maka yang turun adalah salju, sehingga disebut hujan salju.

Demikian proses terjadinya hujan, semoga menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.


Sumber: Amazing!!! Cerita cerita sains terbaik dari Al Quran _ Af Idah Salmah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak