Serba Serbi Dunia Penerbangan Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Berawal dari Mimpi Bisa Terbang

Seorang ilmuwan muslim bernama Armen Firman, Pada tahun 852M pertama kali melakukan uji coba terbang menggunakan parasut untuk pertama kali di dunia. Tanpa memperhitungkan risiko, Armen Firman meloncat dari tower di Kordoba Spanyol dengan menggunakan mantel yang dipasang sedemikian rupa pada kayu, sehingga menyerupai sayap.
Armen Firman , Penerbang Solo Pertama di dunia

Orang Yang Berhasil Terbang Melayang Pertama Kali di Dunia

Seorang ahli mesin berkebangsaan Jerman bernama Karl Wilhelm Otto Lilienthal, pada tahun 1890-an, berhasil terbang melayang dengan pesawat gantole tak bermesin dari puncak bukit hingga pesawat tersebut berhenti di sebuah landasan di tanah. Pesawat Otto dibuat dari rangka kayu ringan yang dilapisi kain. Otto kemudian dijuluki "The Flying Man" 

Karl Wilhelm Otto Lilienthal (23 Mei 1848 – 10 Agustus 1896) - Photo via Disciples of Flight
Pada 9 Agustus 1896, Otto mengalami musibah, pesawat terbang layangnya macet dan dia kehilangan kendali. Pesawat terbang layangnya jatuh dari ketinggian sekitar 15 m (50 kaki),  dan mematahkan lehernya. Otto kemudian meninggal pada hari berikutnya, 10 Agustus 1896.

Eole, Pesawat Terbang Pertama yang Menggunakan Mesin Uap.

Seorang insinyur berkebangsaan Prancis  bernama Clement Ader pada 9 Oktober 1890, berhasil berhasil membuat pesawat terbang yang diberi nama Eole. Pesawat itu menggunakan mesin uap, berbaling-baling, tapi tidak dilengkapi dengan kendali pesawat. Eole memiliki berat sekitar 300 kg dan berkekuatan setara 20 tenaga kuda.

Eole, Photo via WHYY

Pencipta Pesawat yang Bisa Terbang dengan Arah Terkendali

Wright bersaudara, yaitu Wilbur Wright dan Orville Wright Pada tahun 1903, berhasil membuat pesawat yang bisa bermanuver dan arah  terbangnya bisa dikendalikan ke arah tiga dimensi. Pesawat bersayap kaku ini berhasil terbang pertama kali pada tanggal 17 Desember 1903.

 Wilbur Wright (16 April 1867-30 Mei 1912) dan Orville Wright (19 Agustus 1871-30 Januari 1948)

Louis Bleriot, Orang yang Pertama kali yang Menyeberangi Selat Inggris


Pada tahun 1909, Louis Bleriot dengan pesawat kecil buatannya sendiri, insinyur Prancis itu berhasil terbang dari Prancis ke Inggris melewati Selat Inggris selama lebih dari 20 menit. Louis Bleriot  kemudian dianggap sebagai orang pertama yang berhasil menyeberangi Selat Inggris. 



 Pilot yang Sukses Melakukan Penerbangan Solo Pertama di Dunia

Charles Augustus Lindbergh (4 Februari 1902-26 Agustus 1974) merupakan pria yang sukses melakukan penerbangan Solo yang pertama kali di dunia. Charles Augustus Lindbergh kemudian dijuluki sebagai "Lucky Lindy"dan "The Lone Eagle".

la menjadi terkenal karena penerbangan solonya melintasi Samudera Atlantik dengan rute New York (Amerika Serikat) - Paris (Prancis) tanpa berhenti pada tanggal 20-21 Mei 1927. Pria kelahiran Michigan, Amerika ini membutuhkan waktu terbang selama 33,5 jam menggunakan pesawat bermesin tunggal bernama The Spirit of St. Louis

The Lone Eagle - Charles Augustus Lindbergh, Photo via Huckberry

Perintis Rute Pos Surat Udara Pertama Dunia

Jean Mermoz (9 Desember 1901-7 Desember 1936) selama bertahun tahun  terbang mengirimkan barang dan surat ke seluruh penjuru dunia. Atas usahanya,  Jean Mermoz kemudian dikenal sebagai salah seorang perintis yang membuat rute pos surat lewat udara untuk pertama kali di dunia. la telah terbang melintasi Samudera Atlantik sebanyak 92 kali dan melewati Pegunungan Andes 3 kali dengan pesawat pos Aeropostal kecilnya.

Jean Mermoz - Photo via commons.wikimedia.org

0 Response to "Serba Serbi Dunia Penerbangan Yang Tidak Banyak Orang Tahu"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel