Taman Wisata Alam Pulau Weh

Pulau Weh merupakan salah satu pulau vulkanik kecil yang berada di sebelah barat laut Pulau Sumatra. Pulau Weh terpisah lautan dengan pulau Sumatra akibat letusan gunung berapi pada zaman Ploeistosen. Kota Sabang merupakan kota yang terbesar di Pulau Weh dan terletak di ujung paling barat di Indonesia
Pulau Weh


Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah suaka alam sejauh 60 km2 dari tepi pulau, baik ke dalam maupun ke luar. Di Pulau ini dapat ditemukan Hiu bermulut besar. Pulau Weh merupakan satu-satunya habitat katak Bufo valhallae (genus Bufo) yang statusnya terancam punah. Gugusan terumbu karang di sekitar pulau Weh merupakan habitat berbagai spesies ikan.

Pulau Weh terkenal dengan sebutan “Nol Kilometernya Indonesia' karena  terletak paling ujung sebelah barat Indonesia. Pulau Weh mempunyai banyak objek wisata yang berhubungan dengan aktivitas olahraga air seperti berselancar, berenang, memancing, menjelajah dengan perahu, snorkeling, dan menyelam. Tempat wisata alam yang wajib dikunjungi antara lain Pantai Anoi Itam, Danau Aneuk Laot, Pantai Sumur Tiga, Air Terjun Pria Laot, Pantai Gapang, Pantai Iboih, Pulau Rubiah, Monkey Road, dan Pemandian Air Panas Keuneukai.

a. Lokasi Pulau Weh
Pulau Weh berada sekitar 32 km dari Banda Aceh, Ibukota Provinsi NAD, Indonesia. Secara administrasi, taman wisata alam (TWA) Laut Pulau Weh termasuk Kecamatan Sukakarya,  Kotamadya Sabang, Provinsi Daerah Istimewa Aceh.

b. Akses Menuju Pulau Weh
Salah satu transportasi yang dapat digunakan untuk menuju Pulau Weh adalah menggunakan Kapal Feri yang berangkat dari Kota Banda Aceh dan dapat ditempuh sekitar 2 jam. Anda juga dapat menggunakan kapal cepat dengan waktu tempuh yang lebih singkat, dengan tarif yang lebih mahal tentunya.

c. Akomodasi dan fasilitas di Pulau Weh
Di Pulau Weh terdapat Akomodasi dan fasilitas yang mendukung seperti pondok- pondok penginapan  yang dibangun oleh masyarakat. Selter, toilet, masjid, kios cendera mata, dan hotel yang terdapat di Gapang. Selain itu, terdapat juga berbagai fasilitas di Pulau Rubiah yang dibangun oleh Dinas Pariwisata  Daerah Istimewa Aceh, seperti pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitas perahu motor dan peralatan selam, musala, selter, toilet, rumah jaga, menara pengawas, jalan setapak, serta taman.


Sumber referensi:
Explore Indonesia, Puput Alvia, Penerbit Laksana, Cetakan Pertama 2018

0 Response to "Taman Wisata Alam Pulau Weh"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel