3 Spot Cantik di Taman Nasional Ujung Kulon Untuk Para Petualang


Taman Nasional Ujung Kulon
Taman Nasional Ujung Kulon, sumber foto: Ronny Valstad, pesona.travel
Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) yang terletak di ujung paling barat pulau jawa merupakan taman nasional yang paling tua di Indonesia yang didirikan pada tahun 1992. Kawasan taman nasional ini pada awalnya mencakup wilayah Krakatau dan beberapa pulau pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang dan Pulau Panaitan.

Taman Nasional Ujung Kulon secara resmi diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO, Taman Nasional yang terletak di ujung paling barat propinsi  Banten ini mencakup hutan lindung yang sangat luas, dengan luas total daratan dan lautan sekitar 122.956 hektar. terbentang dari Semenanjung Ujung Kulon sampai Samudra Hindia.

Sebelum Anda menjelajahi Taman Nasional Ujung Kulon, Anda harus singgah terlebih dulu di Balai Nasional Taman Nasional Ujung Kulon yang berada di Labuan, Banten, untuk mendapatkan ijin masuk ke kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Setelah ijin masuk Taman Nasional Ujung Kulon didapatkan, Anda dapat  menuju ke daerah Sumur kemudian menyeberang menggunakan kapal menuju ke Pulau Peucang.


Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan pintu masuk utama untuk memasuki Taman Nasional Ujung Kulon. Di pulau Peucang, Kita dapat menyaksikan secara langsung kawanan monyet,  peucang (sejenis rusa endemik), dan babi hutan yang berkeliaran di alam bebas. Pulau Peucang juga merupakan salah satu pulau yang menyediakan akomodasi penginapan untuk para wisatawan yang singgah di Pulau ini. Di Pulau Peucang, kita juga bisa melakukan jungle trekking; menelusuri rute setapak di tengah hutan, hingga akhirnya tiba di titik sunset viewing terbaik di Pulau Peucang yang menghadap ke arah  Karang Copong.

Pulau Handeleum
Pulau Handeleum merupakan tempat terbaik untuk mencoba canoeing. Anda dapat membelah pulau dengan menaiki kano, menyusuri Sungai Cigenter, dan memasuki belantara Pulau Handeleum dari atas kano. Di sepanjang perjalanan , Kita dapat melihat lebatnya hutan belukar dan kadangkala rusa berlarian serta ular melingkar di batang pohon di tepi sungai.Anda akan mendapatkan sensasi menjelajahi hutan Amazon yang masih perawan di atas perahu cano yang Anda tumpangi.


Semenanjung Ujung Kulon
Semenanjung Ujung Kulon merupakan habitat asli dari Badak Jawa, hewan endemik khas Taman Nasional Ujung Kulon yang nyaris punah. Di Kawasan Semenanjung Ujung Kulon ini terdapat beberapa titik destinasi yang dapat Anda kunjungi seperti;, Cidaon yang merupakan tempat hidup dan penggembalaan banteng-banteng, atau Tanjung Layar, spot cantik untuk berkemah di Taman Nasional Ujung Kulon



0 Response to "3 Spot Cantik di Taman Nasional Ujung Kulon Untuk Para Petualang"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel