5 Tips Anti Ngantuk Saat Nyetir

Konten [Tampil]

Bepergian dengan membawa kendaraan sendiri memberikan kebebasan pada kita untuk mengatur perjalanan. Kita dapat berhenti kapanpun saat kita mau, atau saat kita ingin  mengubah rute perjalanan dapat kita lakukan, Namun bepergian dengan kendaraan sendiri bukannya tanpa resiko, apalagi bila menyetir sendirian. Perjalanan yang jauh dan lama tentunya sangat melelahkan. Tak jarang kita dihinggapi rasa kantuk yang tidak tertahankan saat menyetir. 


Ngantuk Saat nyetir, foto via cdc.gov

Tips Anti Ngantuk Saat Nyetir Mudik



Berikut ini tips yang dikutip dari National Sleep Foundation untuk menghindari rasa kantuk saat mengendarai kendaraan.

1. Lakukan pre drive nap


Tunda keberangkatan Anda dan beristirahatlah yang cukup bila tiba tiba rasa kantuk menyerang. Melakukan tidur singkat sebelum mengendarai kendaraan drive nap) sangat membantu kesiapan tubuh ketika menyetir pada malam hari atau menempuh jarak yang jauh.

2. Mid drive nap

Ketika kantuk menyerang saat sedang berkendara, usahakan untuk segera berhenti dan tidur walaupun hanya 20 menit. Pastikan untuk berhenti di tempat yang aman, dan tidak langsung menyetir sesaat setelah bangun. Umumnya tubuh dan pikiran perlu waktu 15 menit setelah bangun, untuk kembai siap nyetir.

3. Jangan ngebut

Saat ngantuk menyerang, jangan memaksakan diri Anda untuk tetap menyetir dalam kecepatan tinggi. Anda harus tetap mengutamakan keselamatan, yaitu dengan segera beristirahat untuk menekan risiko kecelakaan. Jika mememungkinkan, Anda dapat melakukan nyetir bergantian setiap 2 jam apabila kebetulan Anda membawa teman dalam perjalanan Anda.


4. Hindari menyetir malam

Hindari untuk menyetir antara tengah malam hingga pukul 06.00. Kurun waktu tersebut merupakan jam biologis manusia di mana Anda sebaiknya untuk mengurangi risiko mengalami kecelakaan akibat ngantuk. Jika Anda terpaksa menyetir malem, jangan ragu untuk beristirahat saat ngantuk. Meminum kopi mungkin akan membuat Anda terjaga, tapi efek kopi hanya bertahan selama beberapa jam saja.

5. Cukup makan dan minum

Anda harus memastikan kebutuhan cairan tubuh Anda terpenuhi untuk mengurangi resiko dehidrasi yang menurunkan konsentrasi dan menyebabkan kantuk. Cairan yang dikonsumsi sebaiknya bukan kopi, alkohol, atau minuman manis yang jika efeknya sudah habis bisa menyebabkan kantuk. Untuk makanan, lebih baik sering mekan dalam porsi kecil daripada sekali makan dalam porsi besar. Makan dalam porsi yang terlalu besar berisiko memperlambat kerja tubuh karena energi digunakan untuk mengolah makanan.

Demikian 5 tips anti ngantuk saat nyetir, semoga bermanfaat untuk anda



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak