Ada Berapa Macamkah Jenis Badak di Dunia?


Badak Jawa, foto via animalspot.net
Badak merupakan binatang endemik yang tidak semua wilayah memilikinya. Di dunia ini hanya terdapat 5 (lima) jenis badak, dua di antaranya ada di Afrika, dan tiga lagi ada di Asia. Jenis badak di Afrika adalah yang hitam dan Badak Putih/ Wit Sedangkan jenis badak yang berasal dari Asia  ada di tiga tempat yaitu di India, Jawa dan Sumatra.

Badak India
Badak India, foto via scroll.in
Badak putih/ wit merupakan badak yang memiliki ukuran paling besar dengan tinggi hingga 2 meter dan memiliki bobot 4 ton. Sedangkan badak sumatra merupakan badak yang paling kecil, dengan bobot kurang dari  1ton. Badak memiliki satu atau dua tanduk yang tumbuh di bagian hidungnya. Badak Afrika dan Badak Sumatra memiliki 2 tanduk/ cula sedangkan badak India atau badak Jawa hanya memiliki 1 tanduk. Badak putih memiliki tanduk yang paling besar dan bisa tumbuh hingga sepanjang 1.7meter. Tanduk badak umumnya dapat tumbuh lagi setelah patah akibat berkelahi. Tanduk tersebut tumbuh pada bagian tulang hidung tapi terpisah dari tulang tengkoraknya.

Badak hitam
Badak hitam, foto via hluhluwegamereserve.com

Badak atau yang dikenal juga dengan rhinoceros ini merupakan hewan herbivora  yang pemalu dan senang berendam di dalam kubangan lumpur untuk melindungi diri dari sengatan panasnya matahari. Saat mereka beranjak keluar dari kolam lumpur, maka lumpur yang menempel di sekujur badan badak akan melindunginya dari panasnya sengatan matahari serta gangguan dari serangga.
Berbeda dari badak badak di Afrika, Badak di India khususnya yang ditemukan di bagian utara wilayah Assam mempunyai kulit mirip kerah yang terlihat seperti jubah perang. Untuk badak Afrika, pada saat kulit mereka bersih dari kotoran akan terlihat sama persis. Yang membedakan adalah Badak Putih/ Wit akan memakan tumbuhan yang tumbuh rendah dan rerumputan serta memiliki mulut yang lebar. Untuk Badak Hitam, dia merupakan badak pemakan tumbuhan yang lebih tinggi dan memiliki bibir atas yang mirip dengan kait.

Badak putih
Badak Putih, foto via hluhluwegamereserve.com

Badak memiliki bentuk jempol yang aneh,berlapis kulit tebal pada bagian kaki. Badak memiliki tiga buah jempol pada setiap kakinya, dan pada setiap jempol dilapisi oleh kulit yang tebal. Kaki depan badak sesungguhnya mempunyai jempol ke-4 namun jempol ini tidak memiliki fungsi khusus.
Penglihatan badak itu buruk, dia tidak dapat melihat terlalu jauh, tapi badak memiliki pendengaran yang baik dan indra penciuman yang mengagumkan. Seekor betina badak dapat melahirkan satu ekor bayi badak. Meskipun badak binatang yang pemalu, tapi badak memiliki sistem pertahanan diri yang bagus, terutama jika terdapat badak kecil di sekitarnya.

Perbandingan Badak Putih vs Badak Hitam foto via hluhluwegamereserve.com

0 Response to "Ada Berapa Macamkah Jenis Badak di Dunia?"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel