Air Terjun Aek Sijornih, Pesona si Kembar Yang Cantik


Aek Sijornih merupakan air terjun kembar dengan bentuk yang landai dan berundak, dengan ketinggian hanya sekitar 10 meter. Nama Aek Sijornih mempunyai arti air jernih. Air Terjun Aek Sijornih terletak di Kabupaten Tapanuli Selatan,

Di dalam area terdapat dua air terjun, yaitu air terjun yang berada sebelah kiri yang dibiarkan terjun dan mengaliri parit-parit kecil, kemudian air terjun yang berada di sebelah kanan mengalir dan berakhir di sebuah kolam penampungan yang biasanya digunakan sebagai tempat berenang pengunjung.

Kolam tempat berenang pun disini pun kemudian terbagi menjadi dua bagian, satu untuk kolam berenang kategori anak-anak dengan kedalaman kolam kurang dari satu meter. Dan kolam yang kedua untuk berenang orang dewasa dengan kedalaman lebih dari satu meter. Pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan bersantai bersama keluarga dibawah rindangnya pepohonan kelapa yang banyak terdapat di area sekitar air terjun ini.

Tempat wisata Aek Sijornih dikelola baik oleh pemerintah dan warga setempat, sehingga kenyamanan serta kelestariannya tetap terjaga dengan baik. Sumber kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengitari Kecamatan Batang Angkola dan Sayur Matinggi.

Lokasi air terjun aek Sijornih 

Air Terjun Aek Sijornih terletak di Jalan Trans Sumatera Bukittinggi - Padang Sidempuan, Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatra Utara.


Akses menuju ke lokasi air terjun 

Air Terjun Aek Sijornih berjarak sekitar 35 km arah timur dari Padang Sidempuan, lokasi Air Terjun Aek Sijornih dapat dicapai dengan kendaraan umum, antara lain becak motor, angkot, bus mini, dan bus lintasan timur Sumatra selama kurang lebih satu jam dari Kota Padangsidempuan

Akomodasi dan fasilitas yang tersedia

Fasilitas di tempat wisata ini tergolong sudah lengkap dan  mudah ditemui. Di area sekitar air terjun Aek Sijornih juga dapat ditemukan saung saung tempat makanan dengan khas jajanan yang ada di sana. Bagi Anda yang muslim dan hendak menjalankan ibadah shalat juga tersedia mushola di sini. Tersedia pula toilet dan ruang ganti baju yang disediakan untuk Anda setelah berbasah basahan di air terjun.

0 Response to "Air Terjun Aek Sijornih, Pesona si Kembar Yang Cantik"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel