Alexander Graham Bell Bukan Penemu Telpon Pertama Di Dunia, Lalu Siapa?

Konten [Tampil]
Telepon PSTN yang tersambung di rumah rumah maupun di perkantoran hingga saat ini merupakan hasil dari sebuah  rangkaian proses teknologi komunikasi yang selalu berkembang. Keberadaan pesawat telpon sangat berharga bagi dunia. Pesawat telpon menghubungkan kita dengan saudara, kawan atau rekan kerja di manapun berada. hadirnya pesawat telpon merupakan sumbangan yang sangat besar bagi kemajuan dunia.

 Alexander Graham Bell Bukan Penemu Telpon Pertama Di Dunia
 Alexander Graham Bell Bukan Penemu Telpon Pertama Di Dunia, sumber foto: google


Berdasarkan klaim hak paten yang didaftarkan, pesawat telpon pertama kali diperkenalkan oleh Alexander Graham Bell, yang dilahirkan di Edinburg, Skotlandia pada tanggal 3 Maret 1847. Graham Bell kemudian pindah ke Canada dan akhirnya tinggal di Amerika Serikat. 

Selain menyumbangkan keahlian di bidang transfer suara melalui telpon Alexander Graham Bell   juga berjasa di bidang penerbangan. Keahliannya di bidang telepon tidak terlepas dari kehidupan sehari harinya yang sering memberi pengajaran kepada orang-orang bisu dan tuli. Ketekunan Alexander Graham Bell tersebut membuahkan penemuan di bidang transfer atau pengiriman perkataan.

Kehidupan Alexander Graham Bell semakin menanjak berkat penemuan telponnya, bahkan ia bersama kawan-kawannya mendirikan sebuah perusahaan telepon bernama Bell Telephone Company. Dari sini kekayaannya ikut menanjak, sehingga kepopuleran namanya semakin mendunia. Alexander Graham Bell meninggal pada tanggal 2 Agustus 1922 di Amerika Serikat.

Gelar penemu telpon pertama kali di dunia yang diberikan kepada  Alexander Graham Bell ternyata menuai kontroversi. Salah satunya adalah dengan munculnya Resolusi 11 Juni 2002 oleh Parlemen Amerika Serikat yang memberikan penghormatan atas peran Antonio Meucci, seorang imigran dari Italia. Antonio Meucci termasuk salah satu orang penting dalam penemuan dan pengembangan perangkat telepon pertama pada tahun 1849. Namun, karena hak paten telah diberikan kepada Alexander Graham Bell, maka nama Antonio Meucci tidak disebut sebagai penemu pertama.

Elisha Gray, seorang profesor di Oberlin College, Amerika Serikat juga mengalami hal yang sama. Elisha Gray juga mempunyai peran penting dalam penemuan pesawat telepon, bahkan Elisha Gray juga mengajukan hak paten atas penemuannya. Tetapi, karena urutan pengajuannya diajukan  lebih dahulu Alexander Graham Bell, maka Elisha Gray tidak mendapatkan pengakuan sebagai penemu yang pertama dalam penemuan telepon. Pada tanggal 14 Februari 1876, Alexander Graham Bell mengajukan hak paten dengan nomor urut 5, sedangkan Elisha Gray mendapatkan nomor urut 39

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak