Bagaimana Ubur-Ubur Mengeluarkan Sengatnya?

Konten [Tampil]
Di seri pengetahuan umum ini mas Adi akan membahas mengenai ubur ubur. Adakah yang belum tahu ubur ubur? Itu loh, binatang laut yang jika kita lihat secara fisik tampilannya mirip dengan mainan parasut yang sering dimainkan anak anak.

Ubur ubur berenang di lautan, foto via grid.id

Apakah Ubur-Ubur Termasuk Ikan?

Walaupun ubur ubur hidup dan berenang dalam air laut, ubur-ubur bukan termasuk golongan ikan tetapi mereka merupakan golongan medusa. Tubuh ubur-ubur tampak seperti jelly. Tubuhnya dihiasi dengan helaian-helaian panjang yang menggantung. Untuk mendapatkan makanannya, ubur-ubur akan menggunakan helaian di tubuhnya yang beracun itu. Pada saat racunnya menyentuh ikan kecil atau hewan laut lain, helaian-helaian panjang itu akan menarik korbannya, dan ubur-ubur pun mendapatkan mangsa untuk dimakan.

Bagaimana Ubur-Ubur Berenang di Lautan?

Ubur-ubur merupakan binatang laut yang lembut dan memiliki tubuh berbentuk seperti lonceng, parasut atau mangkuk. Untuk berenang, ubur ubur mengerutkan tubuh hingga berbentuk seperti tas schingga air keluar dari arah belakang tubuhnya, dan mendorongnya ke depan.

Bagaimana Ubur ubur Menyengat Mangsanya?

Ubur ubur menyengat mangsanya melalui tentakel yang dimilikinya. Ubur ubur memiliki  tentakel-tentakel panjang yang menjulur dari tubuh ubur-ubur dan di situ terdapat ribuan sel penyengat yang sangat kecil. Beberapa sel tersebut mengandung duri yang digulung dengan rapat. Ketika ikan yang ceroboh menyentuh tentakel itu, duri tersebut akan menjulur dan menusuknya, sambil melepaskan racun yang melumpuhkan.

Walaupun ubur ubur terlihat rapuh, banyak dari spesies ubur-ubur yang dilengkapi dengan sengat yang berbahaya. Ubur-ubur kotak yang hidup di perairan Asia Tenggara merupakan ubur-ubur yang berbahaya karena memiliki sengat yang mampu membunuh manusia hanya dalam waktu empat menit. Sementara ubur-ubur laut kecil penyengat yang hidup di perairan Australia disebut sebagai ubur ubur yang memiliki sengat paling berbahaya di dunia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak