Mencampuri Istri Ketika Haid

Larangan tegas tentang mencampuri istri ketika haid sudah dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Baqarah ayat 222:
وَيَسْأَلُونَكَ عَنِ الْمَحِيضِ ۖ قُلْ هُوَ أَذًى فَاعْتَزِلُوا النِّسَاءَ فِي الْمَحِيضِ ۖ وَلَا تَقْرَبُوهُنَّ حَتَّىٰ يَطْهُرْنَ ۖ فَإِذَا تَطَهَّرْنَ فَأْتُوهُنَّ مِنْ حَيْثُ أَمَرَكُمُ اللَّهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ222. Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: "Haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Ayat tersebut di atas merupakan jawaban terhadap fenomena yang berkembang di masyarakat pada saat itu, khususnya  yang terjadi pada kaum yahudi. Ketika seorang perempuan yahudi haid, maka suami dan keluarganya nya akan mengucilkannya. Mereka menganggap perempuan yang sedang haid itu kotor dan menjijikkan sehingga harus dikucilkan selama waktu tertentu dampai masa haidnya selesai.


Hubungan seks ketika haid, sumber foto awaaznation.com

Rosulullah  memberikan penjelasan bahwa perempuan ketika sedang haid tidak boleh untuk dicampuri, sedangkan untuk aktifitas sehari hari seperti berkumpul bersama keluarga, memasak dan sebagainya berjalan seperti biasanya.

Dari sisi kesehatan, mencampuri istri saat haid sangat tidak dianjurkan karena:

  • Saat haid terjadi peluruhan lapisan endometrium (lapisan dinding rahim bagian dalam) yang mengandung berbagai protein dan asam amino. Namun, ketika ternyata tidak terjadi pembuahan, maka lapisan endometrium ini akan berubah menjadi media untuk pertumbuhan berbagai macam penyakit. Dan dapat dipastikan kuman penyakit yang masuk ke endometrium ini melalui area kewanitaan sebagai pintu masuknya.
  • Jika si wanita menderita salah satu dari beberapa macam Penyakit Menular S*ksual seperti  herpes atau gonorhea, maka darah haid merupakan media yang sangat baik untuk berpindahnya virus atau bakteri penyebab penyakit tersebut untuk ditularkan pada pasangannya.
  • Area kewanitaan dalam kondisi sangat sensitif ketika sedang haid, jika dipaksakan untuk penetrasi  maka si wanita akan merasa sakit pada area kewanitaan, sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkannya.
  • Ketika penetrasi dilakukan dikhawatirkan ada udara yang masuk ke dalam rahim sehingga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.
Mencampuri istri ketika haid dapat menimbulkan berbagai masalah, untuk itu hendaknya para suami yang istrinya sedang haid agar dapat lebih bersabar untuk dapat menikmati hubungan intim yang sehat dan sesuai dengan syariah.

Kemudian apa saja yang boleh dilakukan oleh pasangan suami istri ketika istri sedang haid? Dalam sebuah kisah diceritakan Aisyah R.A pernah ditanya tentang apa yang dihalalkan bagi seorang suami dari istrinya yang sedang haid. Aisyah lalu menjawab "Semuanya, selain area kewanitaan"

Dalam riwayat Abdur Rahman bin Aswad juga disebutkan bahwa: "Aisyah pernah berkata: Setiap kali Rasulullah SAW ingin membelaiku selama masa masa haid, Nabi menyuruhku mengenakan izar (pembalut wanita) yang dikenakan di bawah pinggang" 

Dari beberapa riwayat di atas maka jelaslah bahwa ketika istri haid, suami boleh melakukan apapun kepada sang istri, dalam batas batas tertentu, kecuali memasukan alat vital pada area kewanitaan istrinya)

0 Response to "Mencampuri Istri Ketika Haid"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel