Mengapa Bunglon Dapat Mengubah Warna Kulit Tubuhnya?

Adakah di antara kalian yang pernah melihat bunglon? ya, binatang yang satu ini memiliki kelebihan dengan mengubah warna kulitnya. Yuk kita baca tulisan ini sampai selesai agar kalian tahu jawabannya.

Bunglon dapat mengubah kulit tubuhnya karena bunglon memiliki sel sel tertentu yang memungkinkan bunglon dapat melakukan hal tersebut. Bahkan walaupun bunglon mengalami kebutaan dan matanya tidak dapat melihat, bunglon tetap dapat mengubah warna kulit tubuhnya agar dapat menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.

Bunglon menyamarkan diri dengan kondisi lingkungan sekitarnya dengan mengubah warna kulit tubuhnya, sumber foto: https://akcdn.detik.net.id/visual/2015/03/12/dc2e22b1-f317-464e-97e1-443a745cda36_169.jpg?w=650
Dalam tubuh bunglon terdapat sel sel warna yang letaknya berada di bawah permukaan kulit bunglon yang transparan. Terdapat dua lapisan sel yang memiliki kandungan pigmen berwarna merah dan kuning yang disebut chromatrophores. Di bawah lapisan merah kuning, terdapat lapisan sel yang merefleksikan warna biru dan putih. Kemudian di bawahnya lagi terdapat lapisan melanin untuk warna coklat, seperti yang dimiliki manusia. Dengan adanya sel sel warna ini, bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya sesuai kebutuhan.

Apa Yang Menyebabkan Bunglon Mengubah Warna Kulit Tubuhnya?


Bunglon mengubah warna kulit tubuhnya sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri dari serangan predator. Dengan mengubah warna kulitnya, bunglon dapat berkamuflase dan menyatu dengan warna lingkungan di sekitarnya. Selain itu bunglon mengubah warna kulitnya untuk beberapa hal lain, di antaranya karena pengaruh sinar matahari, temperatur dan faktor lainnya.

Pada saat bunglon coklat ingin berjemur di bawah terik  sinar matahari Ia akan mengubah warna kulitnya menjadi warna hijau agar dapat memaksimalkan refelsi sinar matahari yang didapatkannya. Pada saat suhu udara dingin, bunglon akan mengubah warna kulitnya menjadi gelap untuk dapat memaksimalkan penyerapan panas. Bunglon jantan juga akan mengubah warna kulitnya pada saat Ia ingin menarik perhatian bunglon betina.

Walaupun mempunyai kemampuan mengubah warna kulit tubuhnya, bunglon tidak dapat mengubah warna kulitnya ke semua warna, hanya terbatas pada warna warna tertentu saja.

Bagaimana Cara Bunglon Mengubah Warna Kulitnya?


Bunglon merupakan binatang yang ahli dalam bidang kamuflase. Umumnya bunglon menggunakan warna coklat atau hijau, namun mereka mampu menyesuaikan warna dengan latar belakang di sekitar mereka, atau menunjukkan kemarahan dan ketakutan mereka. Bunglon mengubah warna kulit tubuhnya dengan cara membesarkan atau mengecilkan sel warna khusus  yang terdapat dalam kulitnya.

0 Response to "Mengapa Bunglon Dapat Mengubah Warna Kulit Tubuhnya?"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel