Mengapa Ikan Bisa Bernapas Di Dalam Air?

Mengamati pola pernapasan ikan, mungkin akan menimbukan pertanyaan di dalam diri kalian, bagaimana ikan bisa bernapas di dalam air? Ikan memiliki kemampuan untuk bisa bernapas di dalam air karena ikan memiliki insang yang memungkinkan hal tersebut. Insang yang dimiliki ikan berfungsi untuk menyerap oksigen di dalam air dan menggunakannya untuk metabolisme energi. Jika hewan darat-dan juga manusia -bernapas dengan mengambil oksigen di udara melalui paru-paru, ikan bernapas dengan mengambil oksigen di air melalui insang.

Mengapa Ikan Bisa Bernapas Di Dalam Air?

Jika diperhatikan secara fungsional, insang tidak memiliki perbedaan dengan paru-paru pada manusia dan hewan mamalia lainnya. Hal yang membedakan hanyalah insang memiliki kemampuan untuk menyerap oksigen di dalam air, yang tingkat kandungan atau konsentrasinya sangat kecil. Selain itu, insang juga berfungsi untuk mempertahankan tingkat tertentu dari natrium klorida (garam) di dalam aliran darah ikan

Bagaimana Cara lkan Bernapas di Dalam Air?

Mula-mula, ikan memasukkan air ke dalam rongga mulutnya dan mendorong air ke insang di dalam tubuh ikan, dan kemudian keluar melalui celah-celah insang. Celah celah insang ini biasanya berada di sisi kanan dan kiri di belakang kepala.
Pembuluh darah pada insang menyerap oksigen dari air dan darah, kemudian mengalirkannya ke seluruh tubuh. Begitulah cara ikan bernapas di dalam air.

Apakah Insang Itu?

Insang merupakan alat yang digunakan ikan untuk melakukan pernapasan di dalam air. Setiap lembaran insang terdiri dari sepassang filamen yang banyak mengandung lamela atau lapisan tipis. Pada filamen terdapat pembuluh darah yang mengandung jaringan kapiler sehingga memungkinkan terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida, atau yang kita sebut sebagai inspirasi dan respirasi.

Inspirasi merupakan proses masuknya oksigen dari air ke dalam insang, yang kemudian diikat oleh kapiler darah untuk dialirkan ke seluruh jaringan tubuh. Sementara ekspirasi adalah keluarnya karbondioksida dari jaringan bersama darah, menuju insang dan selanjutnya dikeluarkan dari tubuh.

Berapakah Detak Jantung Ikan?


Ikan memiliki kemiripan detak jantung yang hampir sama dengan manusia. Jumlah detak jantung yang dimiliki ikan mas berkisar rata rata 70 detak per menit. Untuk perbandingan, jantung manusia berdetak 60 hingga 100 kali per menit dalam kondisi istirahat.

Anak ikan dan ikan kecil memiliki detak jantung yang lebih cepat dibandingkan dengan ikan dewasa dan ikan besar. Detak jantung ikan akan melambat pada saat berenang di dalam air yang memiliki temperatur dingin.

Usia hidup ikan bergantung dari jenisnya. Ada ikan yang hidup kurang dari setahun, dan ada pula yang hidup hingga lebih dari 100 tahun

0 Response to "Mengapa Ikan Bisa Bernapas Di Dalam Air?"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel