Mengapa Kawanan Burung Terbang Membentuk Formasi Huruf V

Kawanan burung terbang membentuk formasi huruf V mungkin di antara kalian ada yang pernah melihatnya. Apalagi bagi kalian yang tinggal di pedesaan yang masih banyak terdapat kawanan burung belibis atau bangau. Sebenarnya apa yang membuat mereka terbang membentuk huruf V? Yuk kita simak.

Pada waktu burung terbang, udara yang ada di belakang ujung sayap akan berputar naik. Apabila ada burung yang lain terbang dalam pusaran udara yang naik tersebut, maka burung tersebut akan dapat menghemat 15% energi yang harus digunakan jika burung tersebut terbang sendirian.



Dengan membentuk formasi huruf V, maka kawanan burung burung dalam rombongan itu pun akan dapat menghemat energinya. Pemimpin burung yang berada paling depan posisinya merupakan satu satunya burung yang tidak menghemat energi pada saat mereka terbang bersama. Untuk itu, burung burung lain biasanya akan menggantikan posisinya untuk berbagi beban sebagai pemimpin.

Formasi terbang dengan membentuk huruf V tersebut akan menghemat energi selama melakukan penerbangan, karena masing masing burung terbang di jalur aliran udara dari burung yang ada di depannya.

Burung Bangau adalah salah satu dari sekian jenis burung yang biasa menerapkan teknik formasi membentuk huruf V tersebut. Luar biasa bukan? kawanan burung yang terbang membentuk huruf V ini tidak sekedar menberi contoh kekompakan dalam team tapi semangat untuk berkorban dengan rela bergantian terbang menggantikan peran pemimpin formasi.

0 Response to "Mengapa Kawanan Burung Terbang Membentuk Formasi Huruf V"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel