Penemu Mikroskop Pertama Kali Di Dunia

Konten [Tampil]
Mikroskop yang sering kita lihat saat ini merupakan hasil inovasi berkelanjutan dari sebuah penemuan yang sederhana. Dengan mikroskop kita dapat menyaksikan kehidupan yang tak pernah dapat dilihat dengan mata telanjang. Di dalam dunia mikro, sesungguhnya banyak kehidupan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan yang secara kasat mata telanjang dapat kita tangkap.

Mikroskop merupakan alat bantu yang dapat ditemukan hampir diseluruh laboratorium untuk dapat mengamati organisme berukuran kecil. A
lat untuk melihat benda-benda yang sangat kecil ini pada awalnya diciptakan oleh Zacharias Janssen dan sang ayah Hans Janssen, yang berkebangsaan Belanda. Mikroskop tersebut diciptakan dari lensa cembung dan lensa cekung. Dengan penemuan tersebut, mereka mendapatkan pembesaran hingga 150 kali terhadap benda yang diamatinya.

Mikroskop yang pertama kali diciptakan Zacharias Janssen
Mikroskop yang pertama kali diciptakan Zacharias Janssen


Zacharias Janssen merupakan seorang yang ahli dalam pembuatan kacamata, namun karena penemuan mikroskop tersebut, Beliau kemudian diakui sebagai penemu pertama mikroskop di dunia.

Dalam perkembangan berikutnya, seorang ilmuwan yang berasal dari Italia, Galileo Galilei, juga berhasil menciptakan mikroskop. Langkahnya kemudian diteruskan oleh seorang ilmuwan yang berasal dari Belanda bernama Anton van Leeuwenhoek. Anton van Leeuwenhoek berhasil membuat mikroskop dengan kemampuan hingga 300 kali perbesaran. Mikroskop ciptaan Anton van Leeuwenhoek ini yang kemudian menguak adanya kehidupan mikroorganisme yang sangat kecil yang dinamakan protozoa

Dari beberapa penemuan mikroskop tersebut, dapat disimpulkan bahwa optik maupun penggunaan lensa dapat digunakan untuk membuat mikroskop. Teknologi mikroskop ini kemudian berlanjut dengan dikembangkannya mikroskop dengan teknologi cahaya yang mampu melakukan perbesaran objekbenda yang diamati hingga 1000 kali perbesaran. Selanjutnya, pengembangan teknologi mikroskop terus dilakukan hingga ditemukannya mikroskop elektron yang diperkirakan mampu melakukan pembesaran objek hingga 2.000.000 kali perbesaran.

Teknologi pembuatan mikroskop terus mengalami kemajuan. Tidak mengherankan teknologi mikroskop pada saat ini telah mampu melakukan pembesaran hingga ratusan juta kali perbesaran dengan menggunakan teknologi nano. Teknologi nano merupakan teknologi yang mengacu pada struktur objek yang memiliki ukuran nanometer atau sepermiliar meter.

Terlepas dari kecanggihan teknologi mikroskop saat ini kita wajib berterima kasih atas kiprah yang dilakukan Zacharias Janssen  dan ayahnya yang telah meletakkan dasar teknologi penciptaan mikroskop.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak