Seputar Migrasi Burung Yang Sebaiknya Kamu Tahu

Burung melakukan migrasi atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain terutama terkait kondisi musim dan ketersediaan pangan. Berikut ini beberapa hal tentang migrasi burung untuk kita pelajari bersama ya;

migrasi burung



Bagaimana Cara Burung Melakukan Migrasi?

Pada saat burung burung melakukan migrasi, mereka akan memakai teknik yang sama seperti yang digunakan oleh para pelaut, dengan memanfaatkan tanda, termasuk posisi matahari dan bintang sebagai petunjuk navigasi untuk menunjukkan arah pada penerbangan yang jauh. Burung burung tersebut juga memanfaatkan petunjuk daerah setempat ketika sudah dekat dengan daerah yang akan dituju.
Burung burung tersebut memiliki semacam kompas di dalam kepalanya, yang dapat digunakan untuk merasakan bidang magnet bumi dan memilih arah tujuan dengan tepat.

Bagaimana Orang Mempelajari Migrasi Burung?

Kelompok amatir dan para ilmuwan di seluruh dunia mempelajari migrasi burung dengan memasukkan cincin logam yang sangat ringan dan diberikan nomer identitas pada kaki burung yang mereka tangkap, kemudian melepaskannya kembali. Beberapa ekor dari burung tersebut ditemukan kembali, baik dalam kondisi hidup atau kondisi mati dan seringkali ditemukan di wilayah atau negara negara yang jauh jaraknya. Pemasangan cincin pada kaki burung di Amerika dikenal dengan istilah "banding".

Pada saat revolusi Perancis tahun 1789, seorang bangsawan mengikatkan cincin pada kaki burung walet dengan cincin tembaga yang bercahaya, berbunyi dan diberi nomor identitas pada tubuh burung walet yang kemudian dilepaskan dengan harapan burung yang telah dipasang cincin tanda tersebut akan kembali,  Setelah tiga tahun kemudian  Bangsawan tersebut menemukan burung walet tersebut kembali lagi ke sarang yang sama, dalam sebuah barisan. Percobaan tersebut menjadi  bukti yang paling akurat yang menunjukan bahwa burung melakukan migrasi.

Jenis Burung Migran Apakah Yang Paling Kecil ukurannya?

Jenis burung yang bermigrasi dan memiliki ukuran paling kecil yaitu burung kolibri. Panjang tubuh burung kolibri hanya 9 sentimeter, dan terbang setiap tahun dari Alaska ke daerah tempat tinggalnya saat musim dingin di Meksiko. Burung Kolibri mampu menempuh perjalanan berkeliling sejauh hingga 6400 kilometer.

Seberapa Cepat Burung Terbang Ketika Bermigrasi?

Pada saat bermigrasi, kecepatan burung ketika terbang rata rata 35 kilometer per jam. Hal  ini didapatkan dari berbagai penelitian menggunakan radar.Burung burung tersebut biasanya hanya terbang selama 6 hingga 8 jam sehari. Tapi ada jenis burung yang terbang dalam waktu yang lebih lama.

Seekor burung knot di Inggris pernah dipasangi cincin, dan delapan hari kemudian burung tersebut ditemukan di Liberia yangberjarak 5600 kilometer jauhnya dari Inggris. Berdasarkan perhitungan, burung tersebut telah mencapai jarak rata rata 700 kilometer per hari, dan terbang selama 10 jam setiap harinya.

Mengapa Burung Yang Bermigrasi Tidak Lupa Jalan Pulang?

Sebagian burung melakukan migrasi sepanjang musim semi dari musim dingin di tempat asalnya, menuju wilayah yang beriklim sedang di tempat lain untuk bertelur dan membesarkan anak anaknya. Terkadang, burung burung tersebut menempuh jarak ribuan kilometer jauhnya. Bagaimana burung burung tersebut dapat mengingat jalan pulang saat akan kembali ke tempat asalnya?

Beberapa jenis burung migran dapat memandu  dirinya dengan memperhatikan tanda tanda alam, misalkan pegunungan, sungai, atau garis pantai. Sementara beberapa jenis burung lainnya menggunakan matahari dan bintang sebagai alat navigasi, karena itu beberapa jenis burung migran ada yang tersesat dan lupa jalan pulang pada saat langit sedang berawan. 

Walaupun demikian, para ilmuwan tetap belum dapat memastikan bagaimana semua burung yang melakukan migrasi tersebut dapat menemukan jalur migrasinya. Burung juga bukan satu satunya binatang yang melakukan migrasi. Ada beberapa jenis ikan, mamalia, dan serangga yang juga melakukan migrasi




0 Response to "Seputar Migrasi Burung Yang Sebaiknya Kamu Tahu"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel