Siapa Penemu Mobil Uap Pertama Kali di Dunia?

Konten [Tampil]
mobil uap pertama kali di dunia
Mobil Uap Pertama Di Dunia karya Nicholas Joseph Junot

Mobil merupakan sebuah alat transportasi yang terdiri dari ratusan atau bahkan ribuan komponen yang berbeda beda, sehingga untuk menentukan siapa penemu mobil yang pertama di dunia tentunya sulit.Jika mobil diartikan sebagai kendaraan yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang, memiliki ban atau roda lebih dari dua, dengan tidak melihat jenis bahan bakar yang dipakai, maka kita dapat menyebut Nicolas Joseph Cugnot sebagai penemu mobil yang pertama kali di dunia.



Nicolas Joseph Cugnot membangun mobil yang memiliki ukuran besar, memiliki tiga roda dan dijalankan  dengan tenaga mesin uap. Mobil uap yang dirancang oleh Nicolas Joseph Cugnot diluncurkan pertama kali pada tahun 1769 dalam bentuk yang lebih kecil. Kemudian di tahun berikutnya muncul mobil uap yang kedua yang berukuran lebih besar dan mampu mengangkut beban hingga empat ton. Kendaraan tersebut dirancang untuk keperluan transportasi Angkatan Darat Perancis, khususnya untuk mengangkut persenjataan berat seperti meriam barel.

Tidak hanya di Eropa, pada tahun 1789 di Amerika serikat juga muncul penemuan mobil oleh Oliver Evans. Penemuan tersebut telah mendapatkan hak paten. Perkembangan teknologi serta bentuk mobil yang ditemukan di dua belahan dunia tersebut kemudian saling melengkapi satu sama lain  dan menjadi dasar perkembangan teknologi masa kini. Perkembangan  mobil terus berlangsung dari waktu ke waktu dan terus disempurnakan hingga pada saat ini mobil sudah menggunakan bahan bakar bensin.

Adalah Carl Benz, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, yang berasal dari Jerman yang melakukan berbagai pengembangan  sehingga dapat digunakan menjadi dasar dasar teknologi  mobil modern pada saat ini.  Artinya apabila penemuan mobil mengacu pada bahan bakar bensin maka Carl Benz, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach adalah penemu mobil yang sebenarnya.

dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa tokoh yang memiliki andil dalan penemuan mobil antara lain Nicolas Joseph Cugnot,Carl Benz, Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach. Nicolas Joseph Cugnot lahir di Void Vacon, Perancis  tanggal 26 Februari 1725 dan meninggal pada tanggal 2 Oktober 1804. Ia pernah hidup di Brussel sebagai tempat pengasingannya dan kemudian diundang kembali ke Paris oleh Napoleon Bonaparte.  Mobil uap karya Nicolas Joseph Cugnot kini disimpan di National Conservatory of Arts And Crafts Paris.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak