Siapa Penemu RADAR?

Konten [Tampil]
Radar (Radio Detection and Ranging), sebuah temuan yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Selain penggunaan untuk militer, radar digunakan juga dalam teknologi deteksi cuaca. Istilah radar mulai digunakan pada tahun 1941 untuk menggantikan istilah RDF atau Radio Direction Finding.



Ketika dalam situasi perang, penggunaan radar memiliki peran sangat penting untuk mengetahui berbagai persenjataan, posisi lokasi pesawat, dan titik kelemahan lawan. Pada situasi damai, radar mempunyai fungsi yang tidak kalah pentingnya. Radar dapat digunakan untuk mendeteksi cuaca dan memberikan pedoman untuk navigasi pesawat udara dan kapal laut, bahkan radar dapat digunakan untuk mengukur kecepatan laju kendaraan bermotor di darat.

Sebagai gelombang elektromagnetik, proses penemuan radar melewati rentang yang panjang dan melibatkan banyak ahli dari berbagai negara, misalnya;
  • James Clerk Maxwell dari Inggris yang mengungkapkan teori elektromagnetik pada tahun 1865
  • Heinrich Rudolf Hertz dari Jerman yang menemukan gelombang elektromagnetik
  • Christian Hulsmeyer dari Jerman mulai menerapkan gelombang elektromagnetik suatu benda pada tahun 1904. 

Walaupun demikian, Sir Robert Alexander Watson-Watt dari Skotlandia adalah yang dianggap sebagai penemunya.

Sir Robert Alexander Watson-Watt secara efektif melakukan penelitian mulai tahun 1915, ketika beliau bekerja sebagai seorang ahli meteorologi di Royal Aircraft Factory, di Franborough, Inggris. Setelah Sir Robert Alexander Watson-Watt pindah ke The National Physical Laboratory INPL di Berkshire, Inggris pada tahun 1924, beliau mulai menunjukkan karya-karya nyata dalam penemuannya.

Pada awal penemuannya, deteksi radar masih belum berfungsi sempurna, dalam arti mampu mendeteksi kedatangan suatu benda, tetapi belum mampu mendeteksi lokasi keberadaan pesawat secara tepat. Seiring dengan berjalannya waktu, Sir Robert Alexander Wattson-Watt akhirnya berhasil menciptakan radar yang mampu mendeteksi kedatangan pesawat musuh sekaligus mendeteksi lokasi pesawat tersebut. Bahkan, beliau terlibat dalam pemasangan radar di sepanjang pantai Timur dan Selatan Inggris.

Keberhasilan Sir Robert Alexander Watson-Watt pastinya sangat berguna bagi Inggris dalam perang  melawan Jerman pada tahun 1940. Sir Robert Alexander Watson-Watt dilahirkan di Brechin, Angus, Skotlandia pada tanggal 13 April 1892 dan meninggal di Inverness, Skotlandia pada 5 Desember 1973. Penambahan nama Watt di belakangnya merupakan penanda bahwa beliau adalah keturunan James Watt, Bapak penemu mesin uap.

Setelah perang Inggris dan Jerman usai, beliau menghabiskan waktunya dengan banyak berkunjung ke Kanada dan Amerika Serikat, sampai kemudian kembali lagi ke Skotlandia pada tahun 1960. Sir Robert Alexander Watson-Watt  mendapatkan gelar kebangsawanan pada tahun 1942. Hal yang lebih penting lagi, beliau mendapat julukan sebagai Bapak Radar atau Father of Radar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak