Siapakah Penemu Listrik Pertama Di Dunia?

Konten [Tampil]
Michael Faraday, Bapak Penemu Listrik
Michael Faraday, Bapak Penemu Listrik, Foto via google

Jika mendengar kata dinamo listrik, apa saja yang ada di benak kalian? Di antara kalian akan menjawab: “Kipas angin, mesin cuci, sepeda listrik, hingga mobil mobilan Tamiya dan masih banyak lagi barang barang yang ada di sekitar kita yang menggunakan dinamo listrik.

Saat ini dinamo telah diaplikasikan ke dalam berbagai perangkat yang digunakan untuk mempermudah manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dan sepatutnya kita berterima kasih kepada Michael Faraday yang telah berhasil mewujudkan, munculnya gagasan mengubah energi kinetik menjadi tenaga listrik.

Michael Faraday merupakan orang yang dianggap sebagai penemu dinamo listrik. Awalnya, pada tahun 1821 Michael Faraday  membuat alat yang bernama "homopolar  motor” yang menghasilkan rotasi elektromagnetik.

Pembuatan Homopolar Motor ini terinspirasi oleh fenomena elektromagnetik yang diungkapkan oleh Hans Christian Orsted, seorang ahli fisika dan kimia dari Denmark.

Michael Faraday kemudian mengungkapkan suatu temuan yang kemudian kita mengenalnya  dikenal dengan Hukum Faraday dan Efek Faraday. Kedua hal tersebut ikut mendasari penelitian beliau hingga terwujudnya dinamo listrik pertama pada tahun 1831.

Hukum Faraday 1, yaitu massa zat yang terbentuk pada masing-masing elektroda sebanding dengan kuat arus listrik yang mengalir pada elektrolisis tersebut.

Hukum Faraday 2, yaitu massa dari macam-macam zat yang diendapkan pada masing-masing elektroda oleh sejumlah arus listrik yang sama banyaknya akan sebanding dengan berat ekivalen masing-masing zat tersebut.

Efek Faraday, yaitu peristiwa yang terjadi bila putaran arah polarisasi cahaya pada bahan yang terletak dalam medan magnet sejajar dengan arah rambat cahaya.

Pada tahun 1832, Hippolyte Pixii yang berasal dari Perancis melanjutkan perkembangan temuan dynamo, lalu Antonio Pacinotti dari Italia.

Akhirnya pada tahun 1879, Zenobe Gramme yang juga berasal dari Perancis berhasil membangun Pembangkit Listrik Komersial di Paris. Dinamo buatan Zenobe Gramme kemudian diberi nama Dinamo Gramme. 

Michael Faraday dilahirkan dari keluarga yang tidak mampu di Newington Butts, London, Inggris pada tanggal 22 September 1791 dan meninggal di Hampton Court, Middlesex, Inggris pada tanggal 25 Agustus 1867.

Michael Faraday belajar secara otodidak dan menimba ilmunya dari mengikuti  ceramah-ceramah yang disampaikan oleh para ilmuwan Inggris, salah satunya adalah Sir Humphry Davy. Di bawah bimbingan Sir Humphry Davy, Michael Faraday akhirnya menjadi seorang ahli dengan berbagai penemuannya, bahkan beliau juga disebut sebagai Bapak Listrik


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak