Apa Yang Ada di Dalam Sebuah Baterai?

Baterai sudah menjadi barang kebutuhan yang tidak bisa diabaikan. Berbagai peralatan elektronik  menggunakan baterai sebagai sumber tenaganya. Bentuk baterai pun sekarang beraneka ragam, menyesuaikan dengan bentuk peralatan yang disuplai tenaganya. Tapi pada prinsipnya, fungsi baterai adalah sama, yaitu untuk menyimpan sementara energi listrik agar dapat dipergunakan saat dibutuhkan.

Kita patut berterima kasih kepada Alessandro Volta yang dengan penemuannya pada tahun 1800 kita bisa menikmati manfaat baterai pada saat ini. Hasil penelitian Alessandro Volta yang selama 8 tahun ini memberikan manfaat dalam kehidupan manusia pada masa kini.

Apa Yang Ada di Dalam Sebuah Baterai?


Baterai jenis timah karbon berisi batang karbon yang dikelilingi  oleh pasta kimia. Bahan ini yang kemudian akan menghasilkan reaksi antara batang karbon dan selubung timah baterai, sehingga menghasilkan muatan listrik.
Irisan yang memperlihatkan bagian dalam baterai, foto via azonano.com


Batang karbon akan menjadi kutub positif, sedangkan selubung timah akan menjadi kutub negatif. Pada saat baterai tersebut terhubung ke dalam sirkuit, maka arus listrik akan mengalir dari satu sambungan ke sambungan yang lainnya.

Demikian semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda

Belum ada Komentar untuk "Apa Yang Ada di Dalam Sebuah Baterai?"

Posting Komentar

Kejiwaan Terganggu, Inilah Dampak Negatif Internet Bagi Anak dan Remaja

Saat ini, Internet bukan suatu hal yang sulit diakses, dengan teknologi 5G yang membuat kecepatannya semakin meningkat. Karena saking mudahn...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel