Mengapa Termos Air Memiliki Ruang Hampa?

Termos, ya, benda yang satu ini berfungsi untuk menyimpan air panas. Meskipun saat ini berbagai produk pemanas air seperti water heater maupun dispenser sudah banyak dijual di pasaran, termos air tetap menjadi benda yang tidak tergantikan. Karena termos air ini dapat kita bawa kemanapun, dan tidak membutuhkan listrik untuk menjaga air di dalamnya tetap panas.

Mengapa Air di Dalam Termos Tetap Panas?

Jika dilihat dari konstruksinya, Termos memiliki bagian yang dinamakan dengan ruang hampa. Ruang hampa merupakan sebuah ruang yang benar benar kosong, tidak berisi apa pun, bahkan oleh udara sekalipun, vacuum. Dengan demikian, panas  tidak dapat melewati ruang hampa ini.

Gambar penampang termos yang memperlihatkan ruang hampa/ ruamg vakum, foto via kimuktiamungrogo.blogspot.com


Sebuah termos yang hampa memiliki dinding rangkap yang terbuat dari kaca, perak atau baja dengan sebuah ruang hampa di antaranya. Ruang hampa inilah yang akan menghentikan perpindahan panas yang keluar dari termos, dan menjaga suhu air di dalam termos tetap panas.

Ruang hampa ini ini pula yang mencegah panas masuk, dalam arti ruang hampa menjaga cairan yang bersuhu dingin agar tetap dingin. Namun ketika tutup termos tidak ditutup dengan baik, sebagian besar panas, atau dingin , bisa keluar.

Dari paparan di atas dapat kita simpulkan, jika kita menyimpan air panas di dalam termos, maka panas air akan tetap awet. Demikian pula ketika kita menyimpan air dingin di dalam termos maka suhu dingin dari cairan yang ada di dalam termos tidak akan bisa keluar, disebabkan adanya ruang hampa ini.

Demikian penjelasan mengapa termos air memiliki ruang hampa, semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengapa Termos Air Memiliki Ruang Hampa?"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel