Mukjizat Nabi Adam A.S yang Mampu Mengetahui Seluruh Nama Benda

Konten [Tampil]


Nabi Adam A.S memiliki mukjizat yaitu memiliki kemampuan untuk mengetahui seluruh nama benda, seperti yang tertulis dalam firman-Nya yaitu


وَعَلَّمَ آدَمَ الْأَسْمَاءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلَائِكَةِ فَقَالَ أَنْبِئُونِي بِأَسْمَاءِ هَٰؤُلَاءِ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَDan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!" (QS Al Baqarah Ayat 31)

Di dalam ayat tersebut, Allah SWT ingin memperlihatkan di hadapan para malaikat perihal kemuliaan Nabi Adam dan keutamaannya di sisi Allah SWT.

Allah SWT mempersilahkan para malaikat untuk menyebutkan nama nama benda yang dimaksud, namun malaikat tidak mampu untuk menaklukkan tantangan ini. Malaikat berkata, sebagai mana yang dinyatakan dalam QS Al Baqarah Ayat 32:


قَالُوا سُبْحَانَكَ لَا عِلْمَ لَنَا إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ الْعَلِيمُ الْحَكِيمُ
Mereka menjawab: "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana".

Kemudian Adam dipersilahkan Allah SWT untuk menyebutkan nama nama yang tidak dapat disebutkan oleh para malaikat itu, dan berhasil. Untuk itu, Allah menyatakan kepada Malaikat yang hadir pada saat itu;



قَالَ يَا آدَمُ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ ۖ فَلَمَّا أَنْبَأَهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُلْ لَكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُونَ


Allah berfirman: "Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini". Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: "Bukankah sudah Ku-katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?" (QS. Al Baqarah ayat 33)

Dari kajian di atas kita simpulkan bahwa  Nabi Adam adalah manusia  yang pertama mengenali dan mengetahui nama segala sesuatu. Allah menganugrahkan kecerdasan kepada Nabi Adam AS untuk mengetahui seluruh nama benda sebagai mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Adam AS.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

x
قَالَ يَا آدَمُ أَنْبِئْهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ ۖ فَلَمَّا أَنْبَأَهُمْ بِأَسْمَائِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُلْ لَكُمْ إِنِّي أَعْلَمُ غَيْبَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنْتُمْ تَكْتُمُونَ


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak