Mengapa Kita Sangat Dianjurkan Untuk Berqurban?

Mengapa sangat dianjurkan untuk berqurban? di dalam Al-Qur'an, Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman "Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi robbil alamin" katakanlah sesungguhnya shalatku, qurbanku atau pengorbananku, kemudian hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah Rabb-nya alam semesta.  



Kemudian di dalam surat yang lain Allah berfirman "fasholli lirobbika wanhar" maka shalatlah untuk Tuhanmu dan berqurbanlah. Pertanyaannya, kenapa di dalam 2 ayat ini Allah Subhanahu wa ta'ala menggandengkan antara ibadah shalat dengan ibadah qurban?

Ini menjadi sebuah dalil dan juga sebuah bukti bahwa Al-Quran itu memiliki kedudukan yang sangat istimewa dalam syariat Islam. Pertama ulama bersepakat bahwa ibadah yang dilakukan dengan harta yang paling baik itu adalah menyembelih hewan qurban, sebagaimana ibadahnya yang dilakukan dengan fisik paling baik, itu adalah ibadah shalat.

Jadi qurban dan salat ini sama-sama ibadah terbaik tapi dengan versi yang berbeda. Kalau qurban versinya ibadah harta, sedangkan kalau shalat adalah merupakan ibadah fisik. Tetapi Allah Subhanahu Wa Ta'ala di dalam 2 ayat ini menggabungkan dua ibadah ini dengan kalimat "Inna sholati wanusuki" sesungguhnya shalatku dan qurbanku, "fasholli lirobbika wanhar" shalatlah untuk Tuhanmu dan juga berqurbanlah. Ini fadhilah atau keutamaan pertama dari menyembelih hewan qurban. 

Yang kedua, sedekah yang paling istimewa di sisi Allah itu Allah menyembelih hewan qurban, sampai sebagian ulama berpendapat menyembelih hewan qurban bagi yang punya kemampuan itu hukumnya wajib.  Walaupun ini bukan pendapat mayoritas ulama, tapi sampai ada yang berpendapat demikian karena memang ayat-ayat tentang qurban ini cukup tegas dan juga cerita tentang qurban ini sangat luar biasa. 

Rasulullah SAW sendiri juga sangat menganjurkan kita untuk berqurban karena memang ibadah qurban ini bukan hanya ibadah yang dilakukan oleh umat Islam atau umat Rasulullah SAW, tapi juga sudah dilakukan sejak dari zaman nabi Adam, sebagaimana shalat sebagaimana ibadah haji, itu adalah ibadah-ibadah yang usianya tua sekali di antara para anbiya, maka ibadah hewan kurban juga ibadah yang cukup panjang sejarahnya, bahkan dimulai dari sejak zaman nabi Adam AS.

Selagi diberikan rizqi serta berbagai kenikmatan yang diberikan Allah Subhanallahu Wa Taala, mas Adi mengajak kawan kawan semuanya tahun ini untuk menjalankan salah satu di antara syariat agama Islam, salah satu diantara perintah Allah Subhanahu wa ta'ala yaitu dengan berqurban.

Jika selama ini kita punya uang untuk hanya membeli tas, membeli celana, membeli baju, atau yang bukan kebutuhan primer kita, kecuali hanya lebih ke entertain atau lebih ke fashion dan style, mulai sekarang kita sisihkan sebagian dari uang kita untuk berqurban, sebagaimana yang kita ketahui bahwa setiap helai bulu hewan qurban akan membawa pahala dan kebaikan untuk kita.

Mudah-mudahan tahun ini Allah Subhanahu wa taala memberikan kita kenikmatan Islam lewat berqurban, sebagaimana qurban ini dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan diteladani oleh banyak sahabat dan juga banyak kaum muslimin sampai hari ini.

Barakallahu fiikum

0 Response to "Mengapa Kita Sangat Dianjurkan Untuk Berqurban?"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel