Menjelajahi Dataran Tinggi Kaliurang di Utara Yogyakarta

Kaliurang merupakan sebuah dataran tinggi yang terletak di kaki bukit Plawangan di lereng sebelah selatan Gunung Merapi, kurang lebih berada di sekitar 28 km ke arah utara dari kota Yogyakarta. Dataran tinggi kaliurang ini sangat cocok bagi mereka yang ingin mencari ketenangan.

Kawan-kawan dapat menyusuri hutan wisata Kaliurang yang merupakan taman hutan yang cukup terawat dengan baik di kaki Gunung Merapi. kawan-kawan dapat berjalan kurang lebih 15 menit ke Pronojiwo tempat yang paling bagus untuk melihat Gunung Merapi atau ke air terjun Tlogo Muncar. Taman ini buka dari jam 8 pagi hingga pukul 16.00 sore.

Jika kalian ingin menginap di sini tidak perlu kuatir, karena di Kaliurang tersedia fasilitas akomodasi seperti villa, bungalow, penginapan dan juga fasilitas fasilitas rekreasi lainnya, seperti kolam renang, lapangan tenis, dan taman bermain. Objek wisata Kaliurang ini banyak dikunjungi khususnya pada saat liburan.

Tlogo Nirmolo

Kawan-kawan dapat mengunjungi Tlogo Nirmala yang terletak di sebelah timur taman bermain Kaliurang. Kalian dapat membeli oleh-oleh berupa jadah tempe  hangat yang rasanya enak. Kalian juga dapat melihat air terjun yang tingginya lebih dari 10 meter. Di bukit Plawangan terdapat pos observasi yang disitu kita dapat menyaksikan keindahan Gunung Merapi. Gardu pandang ini terletak di sebelah utara taman bermain Kaliurang. Kawan-kawan dapat mengikuti petunjuk barang yang tersedia untuk sampai di gardu pandang yang menyajikan panorama berupa sungai kering yang menyerupai jurang.

Kaliadem

Selain mengunjungi taman bermain Kaliurang kawan-kawan dapat menuju ke arah selatan kurang lebih sekitar 5 km 1 jurusan dari dengan pandang Kaliurang dan berbelok ke jurusan Kaliadem. Kaliadem memiliki pemandangan sungai kering yang menyerupai jurang dan menawarkan suasana yang tenang dengan udara yang sejuk namun kawasan ini ramai pada hari libur.

Obyek Wisata Kaliadem, foto via yogyatrip.com

Agrowisata Salak Pondoh


Di sekitar kawasan Kaliurang ini juga terdapat agrowisata salak pondoh yang berlokasi di beberapa desa seperti desa Kedung, desa bangunkerto, desa Turi yang semuanya berlokasi di kabupaten Sleman terletak di jalur utama Borobudur Kaliurang. Tempat wisata ini berada di daerah yang nyaman sejuk dan belum tercemar polusi dan diwarnai dengan situasi kehidupan desa yang akrab. perkebunan salak pondoh ini merupakan lahan yang dirancang khusus untuk pengembangan salak pondoh dengan luas areal mencapai 633 hektar di mana kebun salak menyatu dengan lahan milik rakyat. Dari luas tersebut beberapa bagian merupakan zona inti yang didukung oleh fasilitas kolam pemancingan kolam renang anak, becak air, dan lain-lain.

0 Response to "Menjelajahi Dataran Tinggi Kaliurang di Utara Yogyakarta"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel