Cara mengurangi ukuran gambar postingan agar loading blog tidak berat

Fungsi gambar dalam sebuah artikel blog

Artikel tanpa gambar ibarat sayur tanpa garam, karena dengan gambar pula artikel kalian akan lebih enak dibaca dan tidak membosankan. Bisa dibilang, gambar adalah pemanis, dan dengan gambar itu pula, maka artikel kalian akan lebih mudah untuk dipahami.

Pepatah yang menyatakan "satu gambar mewakili seribu kata" juga berlaku. Tapi banyak di antara kalian yang mungkin tidak ingin ribet, langsung mengupload gambar atau foto pelengkap tanpa diedit terlebih dahulu.

Betul bahwa saat ini Jepang sedang menuju ke era 6G, dimana kecepatan internet seharusnya bukan sebuah masalah untuk membuka sebuah halaman blog. Namun jangan lupa bahwa kita saat ini sedang berada di Indonesia, di mana kecepatan 5G belum lama dilaunching dan baru kota-kota besar saja yang bisa menikmatinya.

Saat saya menulis artikel ini pun saya menggunakan koneksi 4G yang sinyalnya mirip gelombang air laut, terkadang tinggi namun kadang menghilang sama sekali. Ini saya pakai Simpati loh yang notabene milik Telkomsel, yang jaringannya bisa dibilang rasa premium. Smartfren tiarap, apalagi Tri.

Loading blog lama, bounce rate tinggi

Banyak di antara kalian yang mungkin memiliki blog dengan waktu loading yang lama, blog berat ketika dibuka dan bounce rate atau rasio pantulan tinggi. Hal yang demikian akan membuat pengunjung blog kalian tidak betah berlama lama di blog kalian karena loading blog yang lambat.

Cara Mengecilkan Ukuran Gambar
Skor GT Metrix Blogmasadi.com, not bad lah :)

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan blog menjadi lambat, seperti banyaknya script yang tertanam di blog kalian, ukuran gambar yang besar besar dan banyak hal lainnya. Script bisa berasal dari yang kalian tanam sendiri, atau bisa juga berasal dari iklan yang kalian tampilkan, atau jika kalian pengguna wordpress, asalnya dari plugin yang kalian pasang. Tapi kali ini saya akan membahas dari sisi gambar yang kalian sisipkan pada artikel postingan kalian.

Cara mengurangi ukuran gambar di artikel

Lalu bagaimana caranya mengedit agar ukuran gambar dikecilkan? yuk kita pelajari bareng bareng.

cara mengecilkan size gambar
Ukuran awal sebelum diedit sebesar 1.72MB

Kita lihat dari gambar di atas ukuran sebelum diedit adalah 1.72MB, kita akan mengubah gambar tersebut agar ukurannya jauh lebih kecil.


Gunakan Photoshop

Langkah pertama adalah kita buka gambar tersebut menggunakan photoshop, seperti pada gambar di bawah ini:

cara mengecilkan ukuran gambar

Simpan hasilnya untuk format web

Kita bisa melihat ukuran gambar tersebut sebelum diedit adalah 3648 x 2736 pixels dan menurut saya ini masih terlalu besar, kita bisa turunkan resolusinya ke ukuran 800, atau 640 x 480 pixel. Jika sudah kita turunkan resolusinya, kita lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu dengan mengklik
File >> Save for web & devices



cara kompres ukuran gambar

Maka tampilannya akan berubah seperti di bawah ini:


cara kompres ukuran foto

Di sini kita bisa melakukan pengaturan kualitas gambar yang diedit, apakah kita akan pakai low, medium atau high. Jika kita pilih low maka ukuran memori gambar akan semakin kecil. Untuk menyimpannya, kita klik SAVE.


Cara mengurangi ukuran gambar di artikel
Ukuran setelah diedit hanya 14,9Kb

Selesai, kini kita punya gambar yang tetap jernih dan tidak terlalu berkurang kualitasnya dengan gambar awal, tapi dengan ukuran memori yang jauh lebih kecil, yaitu hanya sebesar 14,9 KB.

Gampang kan?
Okay, sekian dulu ya tutorial dari saya, semoga bermanfaat untuk kalian.

Salam sukses

Belum ada Komentar untuk "Cara mengurangi ukuran gambar postingan agar loading blog tidak berat"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel