Kita Semua Rawan Terkena Katarak, Apa Yang Sebaiknya Dilakukan?

Katarak merupakan penyakit degeneratif berupa proses pengkabutan atau kekeruhan yang terjadi pada lensa mata. Katarak tidak dapat disembuhkan hanya dengan obat obatan atau terapi pengobatan biasa. Jadi bila ada pengobatan (biasanya berbau India) yang mengklaim dapat mengobati katarak, menurut Mas Adi itu semua tidak benar. Katarak hanya dapat diatasi dengan operasi penggantian lensa mata yang keruh dengan menanam lensa mata buatan (Intra Ocular Lens) di dalam kornea mata.

Mata katarak, credit photo By Imrankabirhossain - Own work, CC BY-SA 4.0, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=59257278

Operasi Katarak

Operasi penggantian lensa mata karena katarak ini dapat dilakukan dengan melakukan insisi dan mengeluarkan lensa mata yang keruh secara utuh, atau dengan metode Pachoemulsifikasi yaitu dengan menggunakan mesin pacho di mana lensa mata yang keruh ini dihancurkan di dalam kornea mata terlebih dahulu sebelum dikeluarkan, sehingga tidak memerlukan sayatan yang lebar pada mata

Dari obrolan yang pernah Mas Adi lakukan dengan beberapa dokter mata, kita semua berpotensi untuk terkena katarak, mengingat Indonesia berada di zona khatulistiwa sehingga kita mendapatkan cahaya matahari yang sangat berlimpah.

"Lalu apa hubungannya sinar matahari dengan katarak Mas Adi?"

Penyebab katarak, selain karena akibat efek samping dari mengkonsumsi obat obatan tertentu, juga diakibatkan oleh paparan sinar Ultra Violet (UV). Katarak juga dapat menyerang anak anak, sebagai dampak dari ibu yang terpapar virus Toxoplasma yang biasanya di bawa oleh Kucing.

Pencegahan Katarak

Sebagai pencegahan sejak dini, yang perlu kita lakukan adalah :
- Gunakan kacamata anti UV bila kita beraktifitas di luar ruangan, apalagi bagi yang berprofesi atau mencari nafkah di jalanan.
- Kurangi kegiatan di luar ruangan
- Hindari kontak dengan hewan hewan pembawa virus toxoplasma.
- Jika menderita diabetes, jaga pola makan dan gaya hidup dengan benar, karena diabetes jika tidak ditangani dengan baik dapat menyerang ke organ mata dan menyebabkan katarak.


Bagaimana Mendeteksi katarak?

Katarak dapat dideteksi dengan melakukan pemeriksaan mata secara menyeluruh, antara lain dengan:
- Tes Tajam Penglihatan: Tes ini dilakukan untuk mengetahui seberapa tajam penglihatan yang dimiliki oleh pasien.
- Tes Slit Lamp: Pemeriksaan menggunakan slit lamp
- Tes dengan pupil dilebarkan:  Pada tes ini dokter mata akan memberikan obat tetes mata untuk membuat pupil menjadi lebar, lalu dengan menggunakan alat khusus, dokter mata akan memeriksa keseluruhan kondisi mata dari pasien dari bagian depan sampai belakang.

Demikian sedikit yang dapat Mas Adi bagikan untuk kalian semua, semoga bermanfaat ya.

Salam sukses


0 Response to "Kita Semua Rawan Terkena Katarak, Apa Yang Sebaiknya Dilakukan?"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel