Apa saja yang harus disiapkan untuk ngeblog?

Awas, jangan copas blog orang lain !

Menjadi seorang blogger, tentunya kita dituntut  tidak sekedar asal menulis konten atau mengambil konten dari blog orang lan alias copy paste. Selain tidak punya etika, hal tersebut juga membahayakan eksistensi dari blog kita sendiri. Si pemilik konten dapat saja melaporkan kita ke DMCA, dan yang terjadi berikutnya adalah blog kita ditake down oleh DMCA sehingga tidak dapat diakses. Apa itu DMCA?

DMCA - Digital Millennium Copyright Act adalah undang-undang hak cipta Amerika Serikat 1998 yang mengimplementasikan dua perjanjian 1996 dari Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia. Ini mengkriminalisasi produksi dan penyebaran teknologi, perangkat, atau layanan yang dimaksudkan untuk menghindari tindakan yang mengontrol akses ke karya berhak cipta.

Jadi clear ya, di manapun mencuri itu tidak baik, termasuk mencuri konten. Lalu kita harus bagaimana? Kalaupun kita kehabisan ide untuk menulis konten maka kalian bisa menulis ulang artikel di blog orang lain dengan gaya bahasa kalian sendiri. Google pun sebenarnya tidak terlalu mempermasalahkan jika kita mengambil data dari sumber yang ada di internet. Karena mustahil sebuah karya tulisan bisa diciptakan tanpa mengambil data dari sumber lain.

Jika Mas Adi sendiri banyak mengambil bahan bahan dari Perpusda, berbekal 2 buah kartu sakti, Mas Adi dibolehkan pinjam hingga 4 buku. Dan ini adalah kartu sakti Mas Adi untuk mendapatkan bahan tulisan:

Kartu Tanda Anggota Perpustakaan Daerah

Mengambil bahan tulisan untuk blog

Mengambil bahan tulisan dari buku juga jangan mentah mentah di copas. Kita bisa menulis ulang materi yang kita ambil dari buku dan sebagai penghormatan, kita cantumkan pula buku tersebut sebagai sumber referensi tulisan. Mencopas dari blog memiliki resiko ditake down oleh DMCA, sedangkan mencopas dari buku bisa terkena Undang Undang Hak Cipta karena telah melanggar HaKI.

Selain Kartu Anggota Perpustakaan, perlengkapan lain untuk berperang yaitu aplikasi scanner. Kalian bisa mencari aplikasi scanner yang ada di Google Playstore. Aplikasi scanner ini diperlukan untuk memudahkan kita mengambil bahan tulisan di buku. Sehingga kita tidak perlu repot repot mengetiknya. Kita cukup mengubah pada beberapa kata seperlunya dan membentuk artikel baru sesuai dengan gaya bahasa kita.

Setiap blogger punya gaya dan ciri khas masing masing, begitu juga tekniknya. Mungkin apa yang Mas Adi sampaikan di sini berbeda dengan yang lain. Sah sah aja jika kalian hendak menerapkan sesuatu yang berbeda dari apa yang Mas Adi ulas pada artikel ini. Sumber ilmu itu maha luas, tidak terbatas pada sebuah ruangan perpustakaan. Dan pastinya, buatlah konten yang memberikan manfaat untuk orang lain, sehingga blog kalian akan selalu "hidup dan berwarna"

Salam sukses !


0 Response to "Apa saja yang harus disiapkan untuk ngeblog?"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel