Hidup Itu Keras Bung, Ini Tips Agar Terhindar Dari Copet dan Jambret Ketika Di Tempat Umum

Konten [Tampil]
Tips agar terhindar dari copet dan jambret ini ditulis dari pengalaman pribadi beberapa tahun silam, semoga berguna agar kalian terhindar dari copet atau jambret saat melakukan perjalanan atau berada di area umum.

ilustrasi copet, Image by OpenClipart-Vectors from Pixabay

Tentang Copet dan Jambret

Copet dan jambret merupakan makhluk paling menyebalkan di muka bumi. Bagaimana tidak, kelakuannya selalu membuat korbannya misuh misuh, atau menangis. Jika copet beroperasi dalam senyap, maka kebalikannya jambret beroperasi terang terangan dan main kasar. Yang paling parah, jambret ada yang korbannya sampai meninggal dunia karena terjatuh dari motor setelah tasnya dijambret. Kalau ketangkap enaknya diapain nih? Qisas? nyawa balas nyawa.

Saya pengen menulis tentang copet dan jambret ini karena saya pernah kecopetan. HP smartfren baru berumur seminggu raib digondol copet. Kejadiannya udah lama sih, saat saya masih jadi pekerja keras di perusahaan distributor peralatan listrik, pas lagi antri beli tiket bus di pool bis Sinar Jaya di Cibitung, Bekasi. Begitu tau jadi korban copet, rasanya campur aduk, marah, kesel, sedih tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Lapor polisi? lupain dah, bukan saya mengecilkan peran pak polisi, tapi hampir pasti barang yang dicopet tak akan kembali lagi. Tapi kalau mau iseng bikin laporan agar pak polisi sedikit berolah raga ketak ketik, silahkan aja.

Jadi apa saja tips-tips agar terhindar dari makhluk yang bernama copet dan jambret ini? yuk di simak!

Hindari kerumunan

Tips Agar Terhindar Dari Copet yang pertama adalah hindari kerumunan. Kerumunan merupakan area favorit untuk copet dalam menjalankan aksinya. Entah kerumunan karena nonton tukang jual obat lagi presentasi, kerumunan pertunjukan kuda lumping atau kerumunan ngantri diskonan di toko baju. lupakan dan jangan mendekat.

Jangan main HP di tempat umum

Saya paham lah, jika sejam kalian gak pegang HP, hidup kalian serasa berakhir. Kalian akan mati gaya kalau nggak nutul HP. Bagaimana pun HP telah berhasil menciptakan generasi masa kini yang punya sopan santun, karena di manapun tempatnya orang pasti menundukkan kepalanya. Entah itu di MRT, lagi naik komuter line atau lagi makan pun disempetin untuk menundukkan kepala. Tapi jika lagi di area publik, sebaiknya tunda dulu keinginan untuk nutul HP karena kita tidak pernah tahu, saat kita lagi main HP, kita lagi diincar untuk dijadikan korban kejahatan. Itu Tips Agar Terhindar Dari Copet yang kedua.

Naik bis penuh? jangan...

Saat kita lagi menunggu bis dan ternyata penuh, sebaiknya bisnya suruh lewat dulu, dan kita tunggu bis berikutnya. Jangan memaksakan diri untuk naik bis yang penuh dan berjubel, karena kita tidak pernah tau, jika salah satu atau beberapa dari penupang bis itu merupakan rombongan copet. Selain rawan copet, bis yang penuh juga disukai oleh penumpang meee-sum yang memanfaatkan situasi untuk melakukan pelecehan seeek-sual (kata sensitif, sengaja ditulis salah biar tidak disentil sama simbah)

Simpan barang berharga di tempat aman

Kalau kalian bawa tas, dan di dalamnya isi baju, sebaiknya taruh barang berharga kalian di antara baju baju tersebut. Jangan taruh barang berhargamu di saku tas yang mudah dibuka, atau dirobek pakai silet. Intinya jangan ada kesan kalau kalian lagi bawa barang berharga. Stay cool aja, dompet juga jangan ditaruh di saku celana kalian. Ambil uang secukupnya untuk perjalanan, dan sisanya kalian simpan di tempat yang aman.

Bawa barang tentengan secukupnya

Saat bepergian, bawalah barang secukupnya. Jangan seperti orang habis mudik. Pulang kampung bawa biskuit sekaleng, balik ke ibukota bawa beras 2 karung, ayam 2 ekor dan pisang 5 sisir. Berlakulah seperti orang yang mau naik pesawat tapi kelebihan bagasi. Dia akan mengurangi barang yang tidak perlu, agar tidak terkena "charge bagasi".
Membawa barang tentengan berlebihan saat bepergian, selain berat juga akan membuat konsentrasi kita terbelah. Dan itu akan menjadi sasaran empuk dari copet !

Dari tadi kok bahas copet mulu? bahas jambretnya kapan? 

Copet dan jambret pada intinya adalah sama sama pelaku kejahatan, hanya berbeda cara operasinya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, copet beroperasi dengan senyap, tidak terlihat, dan si korban umumnya tidak mengetahui bahwa dirinya telah menjadi korban copet, berbeda dengan jambret yang beroperasi terang terangan, dilakukan dengan pemaksaan dan korban seketika menyadari dirinya menjadi korban kejahatan. Kalau copet mengandalkan ketrampilan tangan sedangkan jambret mengandalkan nyali dan nekat.

Tips agar tidak dicopet

Yang harus selalu kalian ingat adalah jangan pamer, jangan pengen dilihat orang lain dan jangan terlalu asik dengan dunia kalian.Pesan bang Napi; Kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan.
Semoga bermanfaat ya apa yang Mas Adi ulas tentang Tips Agar Terhindar Dari Copet dan Jambret, sampai berjumpa kembali di tulisan berikutnya.

Salam sukses



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak