Mengenal Bahaya Banjir dan Cara Pencegahannya

Terjadinya banjir diakibatkan karena kerusakan lingkungan hidup di sekitar kita. Kerusakan tersebut lebih banyak diakibatkan oleh perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab terhadap pelestarian alam itu sendiri.

Penebangan hutan secara liar
Penebangan hutan yang mengakibatkan banjir


Banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari hari perilaku manusia yang merusak alam, contohnya perilaku membuang sampah sembarangan di sungai dan penebangan hutan yang semena-mena.

Sampah yang dibuang di sungai mengakibatkan sungai mengalami pendangkalan dan penyumbatan yang mengakibatkan aliran sungai mengalir tidak lancar, akibatnya, saat musim hujan sungai tidak mampu menampung air sehingga meluap kemudian terjadi banjir.

Penebangan hutan merusak daerah resapan air hujan yang menimbulkan bahaya banjir dan tanah longsor. Banjir menyebabkan kerugian materi dan korban jiwa.

Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir, antara lain dengan menerapkan kebiasaan yang bisa dimulai dari diri kita sendiri yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan selokan atau parit dekat rumah dari sampah sehingga aliran air menjadi lancar. Kita juga dapat melakukan penghijauan pada lahan-lahan kosong sebagai daerah resapan air, dan melakukan penghijauan di hutan-hutan yang gundul (reboisasi).

Mengenal Sumber Daya Alam


Pengertian Sumber Daya Alam (SDA) adalah berbagai bahan yang telah tersedia secara bebas di alam raya. Berdasarkan manfaat serta penggunaannya, sumber daya alam dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:


  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui dan 
  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.


Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dikembangkan dan tetap tersedia walaupun dipakai terus-menerus. Sumber daya alam yang dapat diperbarui tidak dapat habis meskipun digunakan terus-menerus. Sumber daya alam yang dapat diperbarui banyak jenisnya, di antaranya tumbuhan, hewan, tanah, air, dan udara.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang akan habis apabila digunakan secara terus-menerus, misalnya bahan tambang.

Bahan tambang dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan mineral dan bukan mineral. Mineral merupakan bahan tambang yang asalnya bukan dari makhluk hidup, misalnya aluminium, besi, nikel, tembaga, emas, dan perak. sedangkan yang dimaksud dengan Bahan tambang bukan mineral merupakan bahan tambang yang asal terjadinya dari sisa-sisa makhluk hidup. Contoh bahan tambang bukan mineral, yaitu minyak bumi dan batu bara.

0 Response to "Mengenal Bahaya Banjir dan Cara Pencegahannya"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel