Campuran Homogen, Pengertian dan Contoh Penerapan

Pengertian Campuran Homogen

Campuran homogen merupakan campuran yang terdiri dari  dua zat atau lebih yang partikel-partikel penyusun tidak dapat dibedakan lagi

Campuran homogen umumnya sering disebut juga dengan larutan. Beberapa contoh campuran homogen, antara lain: air dicampur dengan garam akan menghasilkan larutan garam,  campuran air dengan gula menghasilkan larutan gula. Ukuran partikel yang berada di dalam larutan memiliki diameter sekitar 0,000000001 m, dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop. Beberapa contoh campuran homogen yang telah disebut di atas adalah campuran antar zat cair.

Campuran Homogen, Pengertian dan Contoh Penerapan
campuran garam dan air menghasilkan larutan garam, campuran ini merupakan contoh campuran homogen, foto via tes.com


Adakah campuran antar logam, sehingga terbentuk campuran homogen?

Terdapat campuran antara logam yang satu dengan logam yang lain sehingga kemudian terbentuklah campuran homogen. Misal, Stainless steel banyak digunakan untuk keperluan alat-alat kesehatan dan rumah tangga. Stainless steel merupakan hasil dari proses pencampuran logam besi, krom, dan nikel.


Campuran homogen pada emas

Emas termasuk campuran homogen. Emas murni merupakan logam yang bersifat lunak dan mudah dibengkokkan. Untuk mendapatkan emas dengan sifat yang keras sehingga sulit untuk dibengkokkan, maka emas murni tersebut harus dicampur dengan logam lain yaitu tembaga. Perhiasan emas yang dijual memiliki kadar 22 karat, 20 karat atau 18 karat. Apa arti kalimat tersebut?

Emas murni mempunyai kadar kemurnian 24 karat. Untuk emas yang sudah mengalami proses pencampuran dengan logam tembaga memiliki kadar 22 karat, 20 karat, atau 18 karat. Semakin sedikit kadar emas yang dimiliki,semakin tinggi kadar tembaga yang dicampur di dalam emas tersebut. Terkadang, dalam campuran emas dan tembaga masih dicampur lagi dengan perak. Hal ini dilakukan agar menambah menarik penampilan emas tersebut. Dengan dicampurnya emas, tembaga dan perak maka akan menghasilkan emas berwarna putih atau memiliki nama lain yaitu emas putih.

Pencampuran logam dilakukan dengan melelehkan logam-logam tersebut pada temperatur yang tinggi. Campuran logam satu dengan logam lain inilah, yang kemudian dinamakan dengan paduan logam.

Belum ada Komentar untuk "Campuran Homogen, Pengertian dan Contoh Penerapan"

Posting Komentar

Daftar Tempat Isi Ulang Oksigen dan Sewa Tabung Oksigen Kab & Kota Tangerang, Tangsel Dan Sekitarnya

Berikut ini merupakan daftar tempat Isi Ulang Oksigen dan Sewa Tabung Oksigen di kabupaten, kota Tangerang serta Kota Tangerang Selatan dan ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel