Kedatangan Bangsa Inggris di Indonesia (Nusantara)

Konten [Tampil]
Sir James Lancaster, seorang pedagang yang memimpin kapal Inggris pertama untuk mencapai Hindia Timur dan yang mendirikan pos perdagangan Inggris pertama di Asia Tenggara

Pada 1588, Lancaster bertugas di bawah Sir Francis Drake sebagai komandan kapal Edward Bonaventure melawan Armada Spanyol. Pada 10 April 1591, dengan memimpin kapal yang sama, James Lancaster berlayar dari Plymouth ke Hindia Timur.

 lukisan oleh Hendrick Cornelisz Vroom menunjukkan kapal Inggris, Belanda dan Spanyol di sebuah teluk di Hindia Timur.

Tahun 1591 James Lancaster singgah di Aceh. Usaha Inggris untuk menguasai daerah penghasil rempah-rempah semakin terbuka setelah tahun 1600, para pedagang-pedagang Inggris membentuk EIC (East Indian Company) di India.

Pada tahun 1604 Sir Henry Middleton memimpin pelayaran kedua menuju pulau Ternate, Tidore, Ambon dan Banda di Maluku dengan saudaranya David Middleton sebagai kapten kedua. Namun di wilayah-wilayah tersebut Inggris harus berhadapan dengan Belanda (VOC) yang lebih dulu menduduki daerah tersebut. Mereka saling bersaing untuk mendapatkan rempah-rempah untuk dibawa ke negaranya.

Inggris dapat mematahkan dominasi Belanda (VOC) di Indonesia setelah Gubernur Jenderal Lord Minto berhasil memaksa Belanda keluar dari Indonesia pada tahun 1811 dan diangkatlah Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak