Kedatangan Bangsa Portugis ke Indonesia (Nusantara)

Portugis mengalahkan Malaka

Pada tahun 1498, Portugis di bawah pimpinan Vasco da Gama berhasil menancapkan kekuasaannya di Kalikut dan Goa di India. Kemudian pada tahun 1511, di bawah pimpinan Alfonso d'Albuquerque Portugis berhasil mengalahkan Sultan Mahmud Syah dan berhasil merebut Malaka.

kedatangan bangsa portugis ke indonesia
Vasco Da Gama, sang penjelajah dari Portugis

Portugis mengalahkan Maluku

Setelah menguasai Malaka, Portugis mengirimkan armadanya ke Maluku di bawah pimpinan d'Abreau dan tiba di Ternate pada tahun 1512. Kedatangannya Portugis awal mulanya diterima dengan baik, bahkan d'Abreau diizinkan untuk mendirikan benteng Sao Paulo di Ternate. Tetapi pada akhirnya Portugis dimusuhi oleh rakyat Ternate karena Portugis memaksakan monopoli perdagangan cengkih di Ternate.

Portugis gagal menguasai Sumatra

Setelah berhasil menguasai perdagangan di Maluku, Portugis berusaha mengembangkan kekuasaannya di Sumatra. Tujuan utamanya adalah untuk menguasai lada. Namun Portugis mendapat perlawanan dari Aceh.

Sedangkan di Jawa, Portugis harus berhadapan dengan perlawanan kesultanan Banten dan Demak. Kekuasaan Portugis di Maluku berakhir setelah kedatangan Belanda tahun 1604 dan Portugis pindah ke Timor Timur.

0 Response to "Kedatangan Bangsa Portugis ke Indonesia (Nusantara)"

Post a Comment

Penyakit Ikan Hias, Jenis, Penyebab dan Akibat

Jenis Penyakit Ikan Hias Peryakit yang timbul pada ikan hias biasanya timbul begitu saja tanpa ada tanda-tanda sebelumnya. Diperlukan keje...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel