Letak Geografis Indonesia dan Manfaat Keuntungannya


Pengertian Letak Geografis

Indonesia memiliki 14.667 pulau dan hal ini menjadikan Indonesia menjadi negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia juga memiliki letak geografis yang unik yang menjadikannya memiliki posisi yang strategis. Apakah itu letak geografis? Letak geografis merupakan letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi suatu wilayah dibandingkan dengan posisi wilayah lain. Selain itu dari segi astronomis, geologis, sosial budaya dan fisiografis juga menentukan letak geografis suatu wilayah.



Letak geografis kepulauan Indonesia di antara benua Asia dan benua Australia, serta berada di antara Samudra pasifik dan Samudra Hindia, berada pada posisi silang dan memiliki arti penting terkait dengan kondisi iklim dan perekonomian.

Manfaat/ Keuntungan Letak geografis kepulauan Indonesia 

Berdasarkan letak geografis Indonesia, ada beberapa keuntungan yang diperoleh, antara lain sebagai berikut.
  • Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudra, memungkinkan menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara maupun laut.
  • Indonesia merupakan titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang. Misalnya antara Jepang, Korea, dan RRC dengan negara-negara di Asia, Afrika, dan Eropa.
  • Karena letak geografis indonesia pula Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dunia, serta secara alami dipengaruhi oleh angin musim. Sekitar bulan Oktober-April angin bertiup dari Asia ke Australia yang membawa banyak uap air dari Samudra Pasifik sehingga menimbulkan musim hujan. Sekitar bulan April-Oktober angin bertiup dari Australia ke Asia yang sedikit membawa uap air dari Samudra Hindia sehingga menimbulkan musim kemarau.

Pengaruh musim tersebut di atas menyebabkan Indonesia menjadi negara agraris terkemuka. Pertanian di Indonesia maju pesat dan banyak menghasilkan bahan makanan seperti beras, jagung, sayur sayuran, buah-buahan, karet, kopi, gula, tembakau, dan lain-lain yang sangat berguna bagi kemakmuran dan keberlangsungan penduduk Indonesia, secara ekonomi pun menjadi peluang untuk berperan serta dalarm perdagangan internasional.

Dilihat dari posisinya, letak geografis Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Secara astronomi terletak antara 6° LU 11° LS dan 95°BT-141°BT
  • Terletak antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia
  • Terletak diantara benua Asia dan benua Australia
  • Merupakan pertemuan dua rangkaian pegunungan sirkum pasifik dan sirkum mediterania

Posisi silang Indonesia adalah:

  • Berada di daerah tropis yang memiliki panas merata sepanjang tahun dan  memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau.
  • Karena terletak diantara dua samudra yang sangat ramai pelayarannya, ditambah dengan  adanya kekayaan flora, fauna, sumber-sumber mineral akan sangat menunjang perdagangan dan menambah sumber devisa Negara.
  • Terletak diatara benua besar menyebabkan Indonesia memiliki iklim yang berganti setiap enam bulan sekali
  • Karena terletak pada daerah lipatan muda, sangat dimungkinkan pengesploitasian terhadap sumber-sumber mineral seperti minyak bumi, batu bara, besi nikel dan lain-lain.
  • Di bidang sosial dan politik, Indonesia dengan mudah berhubungan dengan bangsa-bangsa lain dan dapat ikut serta dalam percaturan politik dunia.


0 Response to "Letak Geografis Indonesia dan Manfaat Keuntungannya"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel