Tutorial Blog | Teknik Menulis Blog Anti Capek Menggunakan Gboard

Semua orang menulis blog sekarang, dan semua orang berlomba untuk meraih posisi pageone di google. Namun pembahasan kali ini bukan tentang cara meraih posisi pageone di google, tapi tentang bagaimana cara menulis blog dengan cepat dengan menggunakan bantuan aplikasi google keyboard atau biasa dikenal dengan gboard.  Dengan teknik blog ini kalian bisa ngeblog di manapun berada, saat kalian sedang menikmati pemandangan matahari tenggelam di pantai kuta atau sedang menikmati sejuknya udara di Kintamani.

Aplikasi yang dibutuhkan

Untuk dapat melakukan teknik ini, kalian wajib memiliki 2 macam aplikasi sebagai senjata kalian ngeblog:
1. Aplikasi google keyboard, bisa kalian unduh di google playstore:

teknik blogging dengan gboard

2. Aplikasi blogger mobile


Teknik blogging

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi blogger, pada kolom judul pos, karena tidak terlalu banyak menggunakan kata-kata maka kita ketik biasa aja pakai mode qwerty. Kemudian pada konten pos, baru kalian tap gambar microphone di pojok kanan atas keyboard. Saat mic sudah aktif, mulailah untuk ngeblog dengan kalian berbicara secara langsung. Sistem speech to text yang dimiliki gboard akan secara otomatis mengubah suara kalian menjadi teks.


Teknik Menulis Blog


Jika kalian sedang blank, tidak ada ide buat mengisi konten blog, kalian bisa cari ide di youtube atau penyedia video lainnya. Pilih viseo yang akan kalian jadikan konten  blog. Taruh Hp kalian di dekat speaker komputer, sambil kalian tonton videonya. Gboard secara otomatis akan mendengarkan, serta kemudian akan menuliskan konten di aplikasi blogger kalian.

tutorial blogging

Jika sudah selesai, kalian bisa tap tanda centang selesai di pojok kiri atas aplikasi. Kalian bisa merapikan artikel hasil transkrip video dengan melakukan tap pada icon gambar pensil.

blog modal bacot

Jika kalian sudah yakin artikel hasil transkrip video sudah rapi, kalian bisa langsung publish atau save sebagai draft untuk diedit lagi nanti. 

tutorial blog

Icon yang dilingkari merah adalah untuk menyimpan artikel, dan icon yang dilingkari warna kuning adalah untuk publikasi artikel.

Gampang bukan?

Untuk suara berbahasa Indonesia aplikasi gboard ini lumayan bagus dalam menangkap suara untuk kemudian diubah menjadi teks. Nah kalo untuk video bule, aplikasi ini masih sedikit bodoh untuk mencerna setiap suara yang didengarkannya, mungkin perlu kursus dulu di kampung Inggris Pare 😏😏

Okay demikian tadi sedikit tutorial yang dapat mas Adi berikan, boleh nanya di komentar. Jika bermanfaat silahkan dishare ☺

Baca juga: Tips mendownload video youtube dengan praktis dan mudah

0 Response to "Tutorial Blog | Teknik Menulis Blog Anti Capek Menggunakan Gboard"

Post a Comment

Merpati Balap/ Aduan, Yuk Kenali Ciri-cirinya

Merpati balap atau disebut juga merpati aduan merupakan hasil dari burung merpati yang telah dikembangbiakkan secara khusus agar memiliki ke...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel