13 Ide Jualan Paling Menghasilkan di Media Sosial

Media sosial tidak pernah lepas dari kehidupan manusia sekarang ini, bahkan menjadi tren dan gaya kehidupan. Betapa tidak, dengan perantaraan gadget atau ponsel pintar, kita bisa mengupload apapun kegiatan kita di media sosial. Motif dan niatnya berbeda-beda, namun sebagian besar di antaranya adalah untuk show up, dan menunjukkan eksistensi di media sosial.

13 Ide Jualan di media sosial
Berbagai aplikasi media sosial yang diinstal di HP


Data pengguna facebook dan instagram di Indonesia tahun 2019 sebesar 150 juta orang, dan merupakan terbesar no.4 di dunia. Buat para pebisnis, jumlah 150 juta pengguna merupakan pasar yang sangat menggiurkan, Daripada menggunakan media sosial hanya untuk narsis, mengapa tidak memanfaatkannya untuk berbisnis dan mendulang rupiah?

Dikutip dari bukunya Mas Hermas Puspito dari Ednovate, berikut ini  13 Ide Jualan Paling Menghasilkan di Media Sosial. Mari kita bahas satu per satu,


1. Berjualan buku bisnis

Berjualan buku bisnis berada di urutan paling awal. Ini disebabkan karena tren masyarakat, khususnya para urban, pekerja yang ingin memiliki usaha sampingan atau ingin memiliki penghasilan tambahan selain dari gaji bulanan,  ketertarikan mereka menjadi demand, haus akan informasi, bagaimana cara berbisnis yang benar, atau sekedar memotivasi diri untuk menjadi lebih baik.

2. Berjualan busana muslim

Indonesia dengan 230 juta jiwa penduduknya, mayoritas adalah pemeluk agama Islam, jadi kebutuhan busana muslim selalu ada permintaan, dan jumlahnya pun tidak sedikit. Ini adalah peluang yang tidak boleh disia-siakan. 

3. Berjualan produk herbal

Sebagaimana dengan berjualan busana muslim, sebagian masyarakat kita cenderung lebih menyukai pengobatan herbal dibandingkan dengan obar-obatan kimia buatan pabrikan farmasi.

4. Berjualan produk kosmetik

Mengapa kosmetik? karena pastinya kaum wanita ingin selalu tampil cantik. Apalagi di media sosial, kaum hawa berlomba lomba berdandan secantik mungkin untuk tebar pesona memikat si kumbang.

5. Berjualan produk asesoris

Pernak pernik asesoris yang cantik merupakan favorit para ABG labil pencari status. Ya, mereka adalah pasar potensial kita untuk mendulang rupiah di facebook atau instagram.

6. Berjualan produk baju anak

Selagi masih ada anak dilahirkan, maka penjualan baju anak tidak akan pernah mati. Bagaimanapun emak-emak pengen anaknya tampil modis, cantik dan ganteng. Sepanjang bapaknya masih kuat nyari duitnya, emak emak siap kapanpun buat beliin baju buat anaknya. Emak-emak adalah pasar yang loyal buat kita, asal kuat sabar aja, karena emak-emak kalau nawar sadis sekalipun kita jualan lewat online.

7. Berjualan produk gadget.

Masyarakat Indonesia itu kaya-kaya, meskipun tempo hari pada ngeluh iuran BPJS naik tapi Iphone seharga 60juta masih kebeli. Asalkan modalnya kuat aja, berbisnis gadget itu sangat menggiurkan profitnya. Dan satu lagi, pasar gadget itu tidak pernah jenuh, karena pabrikan HP selalu rajin merilis seri terbarunya.

8. Berjualan produk makanan.

Jika kalian berjualan makanan di pedesaan, mungkin akan sepi. Karena orang-orang di pedesaan biasa mengkonsumsi makanan dari hasil bumi atau pertanian yang mereka kerjakan. Lain halnya jika target pasar produk makanan kalian adalah masyarakat kantoran yang doyan ngemil tapi malas masak.

9. Jasa Event Organizer

Jasa Event Organizer di sini tidak hanya terbatas pada acara kawinan atau wedding organizer, tapi bisa diperluas lagi bidangnya. Kalian bisa mengajukan proposal EO ke Dinas atau kantor-kantor pemerintahan maupun swasta. 


10. Berjualan produk keperluan rumah

Produk keperluan rumah itu sangat luas dan banyak ragamnya. Pastinya berjualan produk keperluan rumah tidak ada matinya. Karena setiap keluarga punya rumah, dan pasti membutuhkan perawatan dan perbaikan, atau ada juga yang sekedar ingin menambah cantik penampilan rumahnya.


11. Berjualan produk fashion
Produk fashion di sini, tidak jauh berbeda dengan baju anak atau busana muslim yang dibahas di atas. Secara garis besar, produk fashion merupakan kebutuhan dasar manusia.


12. Berjualan properti
Berjualan produk properti itu seperti kita mencari jodoh. Terkadang kita sudah berusaha kemana mana buat cari pembeli properti, namun tidak berhasil. Kadang ada juga yang baru sekali posting di media sosial langsung dapat buyer. Namun jangan patah semangat,  hasil yang kita dapat dari jualan properti sebanding dengan usaha apa yang telah kita lakukan. Pastinya angka 1.5% hingga 3% dari nilai penjualan yang menjadi hak kita, cukup menggiurkan


13. Berjualan produk digital

Berjualan produk digital seperti ebook, tools atau produk-produk digital lainnya, kita harus mengetahui pangsa pasarnya. Kita harus tahu apa yang menjadi kebutuhan mereka, dan produk digital yang kita jual dapat memberikan solusi dari masalah yang mereka hadapi.


Demikian pembahasan mengenai 13 Ide Jualan Paling Menghasilkan di Media Sosial. Silahkan dicoba, mana yang paling sesuai dengan kemapuan kalian,

0 Response to "13 Ide Jualan Paling Menghasilkan di Media Sosial"

Post a Comment

Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume Lamaran Pekerjaan

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tahapan  Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume. Sebagian mungkin sudah ada yang t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel