Energi Panas | Pengertian, Sifat, dan Kegunaan

Sumber Energi Panas

Semua benda, zat ataupun material yang dapat menghasilkan panas disebut juga sebagai sumber energi panas. Apa saja benda yang dapat menjadi sumber energi panas?

Gesekan dua buah benda dapat menimbulkan energi panas. Dua telapak tangan yang saling bergesekan dapat menghasilkan panas. Oleh karena itu, kamu dapat menggesek-gesekkan kedua tanganmu saat kamu merasa dingin. Sementara itu, dua batu yang digesekkan satu sama lain juga dapat menghasilkan panas. Bagaimana jika kedua batu tersebut terus-menerus digesekkan? Lama-kelamaan akan muncul percikan api dari kedua batu tersebut. Api ini dapat digunakan sebagai
sumber api. Cara seperti ini masih sering dilakukan oleh orang-orang yang tersesat di dalam hutan.

Matahari merupakan sumber energi panas terbesar di muka Bumi. Bumi menjadi hangat karena adanya energi panas matahari. Panas matahari membuat suhu udara di Bumi sesuai untuk kehidupan. Panas matahari juga berpengaruh terhadap keberlangsungan daur air. Panas matahari ini banyak dimanfaatkan oleh manusia. Di antaranya untuk mengeringkan pakaian.

Selain itu, panas matahari juga untuk mengeringkan bahan-bahan makanan. Bahan makanan tersebut seperti ikan asin,kerupuk, dan garam. Seiring dengan perkembangan teknologi, panas matahari telah banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik.

Walaupun tidak dapat dilihat, energi dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, ataupun disimpan. Sebagai contoh energi listrik digunakan untuk menggerakkan kipas angin. Di sini terjadi perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

Sumber energi Panas dalam Kehidupan Sehari-hari


A. Matahari

Matahari merupakan sumber panas utama di bumi yang digunakan oleh makhluk hidup. Energi panas yang dihasilkan oleh matahari sangat mempengaruhi kehidupan makhluk hidup, Hal ini disebabkan karena energi matahari digunakan oleh tumbuhan hijau untuk membuat makanan pada proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan oleh tumbuhan hijau inilah yang digunakan oleh makhluk hidup lainnya sebagai sumber makanan termasuk oleh manusia.

Dalam kehidupan sehari-hari, energi matahari juga digunakan untuk alat pemanas yang biasanya diietakkan di atap rumah atau hotel. Selain itu, pakaian yang kita pakai dapat kering sehabis dicuci karena adanya energi panas yang dihasilkan oleh matahari. Energi panas juga digunakan oleh
petani untuk menjemur hasil panennya.

Kemajuan bidang teknologi juga menghasilkan temuan baru yang memanfaatkan energi matahari. Salah satunya melalui pengembangan kendaraan bertenaga surya. Dalam teknologi ini, cahaya matahari diubah menjadi energi listrik dan disimpan di dalam aki. Nah, energi listrik yang disimpan di dalam aki inilah yang digunakan untuk menggerakkan kendaraan.

Energi panas yang berasal dari matahari telah terbukti dapat digunakan dalam berbagai keperluan kehidupan. Berikut ini beberapa kegunaan energi panas matahari bagi kehidupan manusía.

1. Energi Panas untuk Memanaskan Air.

Energi panas yang dihasilkan oleh matahari dapat digunakan untuk memanaskan atau menghangatkan air. Hal tersebut tentunya sangat berguna bagi manusia, tidak hanya dalam hal penggunaannya, tetapi juga dapat menghemat penggunaan energi listrik. Saat ini pemanfaatan energi panas dari sinar matahari untuk menghangatkan air telah memiliki teknologi yang telah terbukti dan telah diaplikasikan hingga ke tingkat rumah tangga Semua orang sudah bisa merasakan manfaat energi panas matahari dalam siraman air hangat ke tubuh mereka.



2. Energi Panas Matahari Menghasilkan Listrik.

Energi panas matahari dapat diubah menjadi energi listrik dengan cara yang serupa dengan pembangkit listrik lainnya, seperti PLTS. Energi panas dari matahari diubah menjadi energi listrik untuk kemudian dimanfaatkan lebih luas lagi.

Pemnfaatan solar cell untuk pembangkit listrik tenaga surya


3. Energi Panas sebagai Sumber Energi yang Tak Terbatas

Energi panas matahari dapat digunakan sebagai sumber energi bagi kehidupan  manusia. Selama ini, manusia lebih menggunakan energi berbasis fosil untuk menggerakkan aktivitasnya sehari-hari.
Sayangnya, energi berbasis fosil sangatlah terbatas dan tidak terbarukan. Para ahli memperkirakan energi berbasis fosil saat ini kian menipis, oieh karena itu energi panas matahari dapat memberikan alternatif pilihan energi untuk menggantikan dominasi energi berbasis fosil. Selain itu, energi yang bersumber dari matahari tidak hanya tak terbatas, namun juga lebih ramah lingkungan ketimbang energi berbasis fosil.

Pemanfaatan solar cell untuk mobil tenaga surya


4. Energi Panas Matahari Mudah Diaplikasikan. 

Aplikasi energi panas matahari untuk keperluan manusia bisa langsung diterapkan tanpa harus menunggu lama, karena penerapannya tidak membutuhkan infrastruktur yang baru, tetapi bisa langsung menggunakan infrastruktur yang sudah ada. Jadi, peralihan penggunaan energi dari energi berbasis fosil ke energi panas matahari bisa dengan cepat dilakukan tanpa harus menunggu pembangunan infrastruktur yang baru.

5.Energi Panas Matahari Ramah Terhadap Pemanasan Global (Global Warming).

Penggunaan energi panas matahari dalam kehidupan manusia tidak turut menyumbang emisi gas rumah kaca yang bisa menyebabkan terjadinya pemanasan global. Hal tersebut dapat menghemat anggaran sampai miliaran rupiah, karena pemerintah tidak harus mengambil langkah pencegahan dan penanganan emisi gas rumah kaca yang menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan.

b. Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Sel surya atau sel fotovoltaik adalah alat yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik menggunakan efek fotoelektrik. Dibuat pertama kali tahun 1880 oleh Charles Fritts. Pembangkit listrik tenaga surya tipe fotovoltaik adalah pembangkit listrik yang menggunakan perbedaan tegangan akibat efek fotoelektrik untuk menghasilkan listrik. Solar panel terdiri dari 3 lapisan, lapisan panel P di bagian atas, lapisan pembatas di tengah, dan lapisan panel N di bagian bawah. Efek fotoelektrik adalah di mana sinar matahari menyebabkan elektron di lapisan panel P terlepas, sehingga hal ini menyebabkan proton mengalir ke lapisan panel N di bagian bawah dan perpindahan arus proton ini adalah arus listrik.

0 Response to "Energi Panas | Pengertian, Sifat, dan Kegunaan"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel