Hewan-hewan Terbesar Sepanjang Sejarah Peradaban

Paus biru, saat ini masih dinobatkan sebagan hewan terbesar yang ada di bumi. Lalu hewan apakah yang terbesar di bumi yang hidup di era Dinosaurus? Dikutip dari buku Ensiklopedia Dunia Dalam Binatang yang diterbitkan oleh Penerbit Ar-Ruzz, Yogyakarta berikut ini hewan-hewan besar yang pernah hidup di bumi, dan dianggap terbesar di sepanjang peradaban:

Argentinosaurus - Hewan darat terbesar sepanjang sejarah

Argentinosaurus berasal dari genus dinosaurus sauropoda lognkosaurian titanosaur yang pertama kali ditemukan oleh Guillermo Heredia di Argentina. Nama Argentinosaurus mengacu pada negara di mana ia ditemukan.

binatang terbesar sepanjang masa
Argentinosaurus, foto via thoughco.com

Argentinosaurus merupakan hewan darat terbesar sepanjang masa, yang hidup pada zaman Creaceous, sekitar 100 juta tahun yang lalu. Argentinosaurus memiliki panjang 45 meter dan berat mencapai 95 ton. Diperkirakan, Argentinosaurus ini tiga puluh kali lebih besar dibandingkan dengan gajah Afrika

2. Ornithocheirus - Hewan terbang terbesar sepanjang sejarah

Ornithocheirus berasal dari genus pterosaurus yang diketahui dari sisa-sisa fosil yang terbongkar dari sedimen di Inggris. Hewan ini merupakan yang terbesar yang pernah terbang. 

hewan paling besar sepanjang masa
Ornithocheirus, foto via dinosaurpictures.org

Ornithocheirus memiliki sayap yang jika dibentangkan dari ujung ke ujung mencapai 18 meter atau 46 feet. Ornithocheirus dapat terbang karena tubuhnya berongga, sehingga membuatnya mudah untuk terbang ke angkasa. Ornithocheirus memakan ikan sebagai santapannya. 

Sekalipun memiliki postur tubuh yang besar, ornithocheirus kerap dimangsa predator lainnya seperti Deinosuchus atau sarchosucus.

Giganotosaurus, predator darat terbesar sepanjang sejarah

Giganotosaurus merupakan genus dinosaurus theropoda yang hidup di daerah yang sekarang disebut Argentina, pada awal zaman Cenomanian pada periode Kapur Akhir, sekitar 98 hingga 97 juta tahun yang lalu.  

hewan paling besar dalam sejarah
Giganotosaurus, foto via thoughco.com

Giganotosaurus memiliki struktur tubuh yang mirip dengan Tyrannosaurus-rex, tetapi lebih tinggi. Jika tubuh T-rex hanya setinggi 9 meter, Giganotosaurus dewasa dapat mencapai tinggi 13 meter. Giganotosaurus dianggap sebagai predator darat terbesar sepanjang masa. Giganotosaurus hidup secara berkelompok dan biasa memangsa hewan besar lain semisal Argentinosaurus dewasa.

Liopleurodon, predator laut terbesar sepanjang sejarah

Liopleurodon merupakan genus reptil laut karnivora terbesar milik Pliosauroidea, sekelompok plesiosauria yang memiliki leher pendek. Dua spesies Liopleurodon hidup pada Tahap Callovian dari Jurassic Tengah hingga tahap Kimmeridgian dari Periode Jurassic Akhir.

hewan paling besar di bumi
Liopleurodon, foto via dinosaurpictures.org


Jika Giganotosaurus menjadi predator sekaligus penguasa di daratan,  maka Liopleurodon adalah predator yang menguasai lautan. Liopleurodon hidup pada 140 juta tahun yang lalu, memiliki panjang hingga 25 meter, ukuran tengkorak sepanjang 5 meter,memiliki gigi-gigi mengerikan sepanjang 30 sentimeter. Liopleurodon biasa memangsa Paus dan berbagai makhluk berdaging lain di lautan.

Deinosuchus, hewan amfibi terbesar sepanjang sejarah

Deinosuchus merupakan genus buaya yang punah, dan terkait dengan buaya modern yang hidup 82 hingga 73 juta tahun yang lalu, selama periode akhir Zaman Kapur. Nama Deinosuchus diterjemahkan sebagai "buaya yang mengerikan" dan berasal dari bahasa Yunani deinos, "mengerikan", dan soukho, "buaya".

hewan paling besar sedunia
Deinosuchus, foto via fineartamerica.com


Deinosuchus diperkirakan memiliki 1 gigi sepanjang 10 sentimeter, dan mulutnya memiliki kekuatan gigitan dua kali lipat kekuatan gigitan singa.

Deinosuchus memiliki panjang hingga 45 kaki, dan mempunyai berat sekitar 12 ton. Meski ukuran tubuhnya besar, Deinosuchus bisa meloncat sampai tinggi. Deinosuchus bisa memakan seekor Pterodactyl berukuran dewasa.

Paus Biru,  mamalia laut terbesar sepanjang sejarah

Paus biru merupakan mamalia laut yang digolongkan dalam subordo paus balin. Paus biru memiliki panjang lebih dari 33 meter dan berat mencapai 181 ton atau lebih. Paus biru diyakini merupakan hewan terbesar yang pernah diketahui. Uniknya, meski tubuhnya sangat besar, Paus biru ini hanya memakan plankton dan organisme kecil di air.

hewan paling besar dalam sejarah
Paus biru, foto via wikipedia

Demikian daftar hewan Terbesar Sepanjang Sejarah Peradaban, semoga dapat memberikan manfaat ya.

Sampai berjumpa kembali di artikel yang lain 😁

0 Response to "Hewan-hewan Terbesar Sepanjang Sejarah Peradaban"

Post a Comment

Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume Lamaran Pekerjaan

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tahapan  Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume. Sebagian mungkin sudah ada yang t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel