Kode Yang Digunakan Militer Amerika Serikat Yang jarang Diketahui Publik

Sebagai mantan Military Enthusiast, (sekarang bermetamorfosa menjadi blogger enthusiast) maka saya akan bagikan sedikit pengetahuan tentang kode yang digunakan Militer Amerika Serikat yang jarang diketahui publik. Kode-kode ini tidak terbatas pada persenjataan, tapi juga digunakan sebagai kode armada tempur yang digunakan oleh militer Amerika Serikat. Yuk dimulai !


Kode -A

Kode A umumnya digunakan sebagai kode "Attack" dalam hal ini yang dimaksudkan adalah "Attack Aircraft" atau bisa juga "Attack Bomber" Contoh penggunaan kode ini dapat dilihat pada penamaan pesawat tempur Amerika Serikat:
  • A-10 Thunderbolt
  • A-4 Skyhawk

A-10 Thunderbold, dikenal juga dengan nama Warthog
A-10 Thunderbolt, pesawat ini merupakan spesialis pembunuh tank yang ditakuti


A-4 Skyhawk buatan Amerika
A-4 G Skyhawk milik US Navy, desain awalnya untuk beroperasi di atas kapal induk

Kode -B

Kode B umumnya digunakan di pesawat pengebom atau  bomber. Dari spesies bomber ini yang paling legend adalah B-29 Enola Gay, yang dipiloti oleh Paul Tibbet dan sukses membunuh 146.000 jiwa warga Hiroshima dengan bom atomnya.

Pesawat pembawa bom atom
Kru B-29 , nama Enola Gay diambil dari nama ibu kandung sang pilot, Paul Tibbet

Kode -C

Kode C  umumnya digunakan sebagai kode "Cargo" digunakan militer Amerika Serikat untuk pesawat transport. Contoh penggunaan kode ini dapat dilihat pada penamaan pesawat transport Amerika Serikat:
  • Hercules C-130
  • Dakota C-47

Pesawat transport pasukan C-47
Dakota C-47, banyak berperan dalam penerjunan pasukan di Perang Dunia ke-2

Hercules C-130 berbagai varian
Hercules C-130 dilengkapi dengan chaff dan flares untuk sistem pertahanan diri

Kode -D

Kode D digunakan sebagai pengendali drone/ Drone Director. Pengendali drone ini bisa berada di pangkalan atau berada di dalam pesawat C-17 Globemaster.


Pesawat cargo militer C-17 Globemaster
C-17 Globemaster

Kode -E

Kode E merupakan kode yang digunakan untuk Special Electronic Mission. Lebih banyak digunakan pada misi pengintaian, mengetahui kedudukan lokasi musuh dan menghancurkannya. Pesawat  yang digunakan yaitu EA-18 Growler yang memiliki kemampuan untuk jamming. Untuk keperluan Airborne Early Warning digunakan pesawat Northrop Grumman E-2 Hawkeye


EA-18 Growler dengan kemampuan jamming
EA-18 Growler, lepas landas dari sebuah kapal induk


Kode -F

Kode F merupakan kode penamaan pesawat untuk jenis "Fighter". Varian untuk jenis F ini ada beberapa tipe, di antaranya yaitu:

  • F-16 Fighting Falcon atau Viper
  • F-18 Hornet
  • F-22 Raptor
  • F-35 Lightning
Pesawat siluman F-35
Pesawat Siluman F-35B 

Kode -H

Kode H digunakan militer Amerika Serikat untuk keperluan terkait Search and Rescue atau medical Evacuation (Medevac), untuk evakuasi korban yang membutuhkan pertolongan medis ataupun misi pencarian SAR.



Kode -K

Kode K digunakan milter Amerika Serikat sebagai kode pesawat tanker, untuk kebutuhan air refuelling atau pengisian bahan bakar pesawat di udara. Ada beberapa tipe pesawat yang digunakan. diantaranya yaitu tipe KC-19, KC-46 Pegasus, KC-97 Stratofreighter dan tipe KC-135 Stratotanker generasi pertama

KC-135 Stratotanker
KC-135 Stratotanker dalam sebuah misi air refuelling

Kode L

Militer Amerika Serikat menggunakan kode L untuk perlengkapan operasi yang tahan pada cuaca dingin.


Kode -M


Kode M digunakan militer Amerika Serikat untuk berbagai keperluan. Pada periode tahun 1962-1972, kode M digunakan untuk kode "Missile Carrier", kemudian pada periode 1973-1976, kode M digunakan untuk istilah "Mine Countermeasures) dan sejak 1977 hingga saat ini digunakan sebagai kode "Multi Mission".

Kode -O

Kode O dalam militer Amerika Serikat berarti "Observation". Salah satu pesawat yang pernah digunakan yaitu Cessna O2 Skymaster. Militer Amerika Serikat kehilangan 178 buah pesawat ini pada saat Perang Vietnam. Pesawat ini dipensiunkan pada tahun 2010

Pesawat Observasi O2
 Cessna O2 Skymaster



Kode -P

Kode P digunakan oleh militer Amerika Serikat untuk sebutan maritime Patrol atau patroli maritim. Salah satu armada yang digunakan yaitu pesawat Boeing P-8 Poseidon. Pesawat ini memiliki kemampuan dalam perang anti-kapal selam dan perang anti-permukaan. 

Pesawat patroli maritim P8 Poseidon
P-8 Poseidon, foto via nationalinterest.org

Kode -Q

Militer Amerika Serikat menggunakan kode Q untuk Unmanned Drone. Drone sendiri dikembangkan oleh Militer Amerika Serikat sejak dari tahun 1940an. Berikut ini beberapa UAV yang masih aktif bertugas di Militer Amerika Serikat:
  • MQ-1 Predator
  • MQ-1C Gray Eagle
  • RQ-4 Global Hawk
  • RQ-7 Shadow
  • MQ-8B Fire Scout/MQ-8C Fire Scout
  • MQ-9 Reaper
  • CQ-10 Snowgoose
  • RQ-11 Raven
  • RQ-12 Wasp
  • MQ-19 Aerosonde
  • RQ-20 Puma
  • RQ-21 Blackjack
  • RQ-170 Sentinel

MQ-9 Reaper
MQ-9 Reaper, foto via wikipedia

Kode -R

Kode R berarti Reconnaissance atau dalam bahasa kita yaitu pengintaian.untuk mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya tentang data musuh.

Kode S

Kode S digunakan militer Amerika Serikat untuk "Anti Submarine Warfare" atau Perang Anti Kapal Selam. Salah satu contoh armada yang digunakan militer Amerika Serikat yaitu Helikopter Sikorsky SH-60 Seahawk yang memiliki kemampuan mendeteksi kapal selam sekaligus menghancurkannya.

Perang anti kapal Selam
SH-60 Seahawk untuk perang anti kapal selam


Kode -T

Militer Amerika Serikat menggunakan kode T atau Trainer, sebagai kode untuk armada atau  pesawat latih tempur. Pesawat latih tempur yang digunakan Militer Amerika Serikat saat ini yaitu T7A Red Hawk.

T7A Training Aircraft
Kode -U
Kode yang digunakan pada pesawat yang diperuntukkan untuk Utility

Kode -V
VTOL&STOL,
Vertical Take Off And Landing,  Pesawat yang memiliki kemampuan take off dan landing layaknya helikopter,
Short Take Off Landing, Dengan kemampuan STOL ini pesawat dapat take off dan landing di landasan yang pendek.

Kode -W =
Kode W digunakan untuk pesawat dengan kategori Weather reconnaissance

Kode -X = experimental

Kode -Y = Prototype

Kode Z = Airship (balon udara)


Demikian pembahasan kode-kode yang digunakan dalam militer Amerika Serikat. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang dunia kemiliteran

0 Response to "Kode Yang Digunakan Militer Amerika Serikat Yang jarang Diketahui Publik"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel