Apa Perbedaan Kura-kura dan Penyu?

Konten [Tampil]
Selama ini mungkin tersimpan pertanyaan di dalam benak kalian, kura-kura dan penyu itu apa bedanya? Karena secara sepintas kura-kura dan penyu memiliki bentuk yang sama.

Dikutip dari buku "Ensiklopedi Dunia Dalam Binatang" terbitan Ar-Ruzz Media Yogyakarta, Sebenarnya sulit untuk menyebutkan perbedaan di  antara kura-kura dan penyu, karena kura-kura dan penyu sama-sama jenis reptil yang memiliki pelindung berupa cangkang dan bergerak dengan lambat.

Perbedaan Kura-kura dan Penyu
Tukik penyu menyambut kehidupan barunya

Perbedaan kura-kura dan penyu berdasarkan habitat dan makanannya

Habitat kura-kura berada di daratan yang kering di banyak daerah di dunia yang bersuhu hangat. Kura-kura umumnya memiliki cangkang berbentuk kubah tinggi dan makanan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan.

Sementara penyu memiliki habitat hidup di air tawar. Cangkang penyu berbentuk datar an memungkinkan penyu dapat bergerak dengan gesit ketika berenang. Penyu biasanya memiliki kaki yang sebagian berselaput. Makanan yang dikonsumsi oleh penyu yaitu ikan serta hewan yang lain. Selain itu, beberapa penyu adalah pemangsa yang besar dan galak

Sekadar catatan, beberapa di antara kita mungkin ada yang terkadang menggunakan kata turtle untuk menyebut kura-kura dan penyu. Padahal, turtle adalah hewan tersendiri, yaitu hewan besar yang hidup di laut.

Cangkang turtle berbentuk ramping, dan mereka tidak bisa menarik kepala untuk perlindungan diri terhadap serangan predator. Turtle memiliki kaki yang berfungsi seperti dayung yang tertutupi oleh kulit pelindung. Turtle memakan tumbuh-tumbuhan laut dan hewan yang lain

Dari penjelasan di atas, kita mendapatkan jawaban bahwa yang membedakan antara kura-kura dan penyu adalah habitat hidupnya dan juga jenis makanannya. Demikian tulisan mengenai perbedaan kura-kura dan penyu ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak