Sejarah, Fakta dan Perkembangan Dalam Dunia Penerbangan

Keinginan untuk bisa terbang seperti burung di angkasa, sudah ada dalam benak pikiran manusia sejak jaman dahulu. Berbagai percobaan telah dilakukan demi mewujudkan keinginan tersebut. Berikut ini sejarah dan fakta-fakta dalam dunia penerbangan. Yuk disimak


Percobaan Penerbangan Armen Firman 852M

Seorang ilmuwan muslim bernama Armen Firman, pada tahun 852M melakukan percobaan terbang pertama kalinya menggunakan parasut buatannya. Ia melompat dari Tower di Kordoba, Spanyol dengan menggunakan mantel yang dipasang pada kayu.

Percobaan penerbangan Abbas Ibn Firnas 875M


23 tahun kemudian, tepatnya pada 875M, Abbas Ibn Firnas telah menciptakan sebuah desain pesawat dengan bahan terbuat dari kayu, dilengkapi dengan dua buah sayap yang dirajut dengan sutra dan bulu-bulu.

Berbeda dengan Armen Firman, Abbas Ibn Firnas memilih Bukit Jabal Al-Arus (Mount of the Bride) yang lebih tinggi di daerah Rusafa, dekat Cordoba.

Setelah terjun dari Bukit Jabal Al-Arus, Abbas Ibn Firnas berhasil menerbangkan pesawat kayunya. Abbas berhasil mengudara di langit Cordoba sekitar 10 menit. 

Walaupun demikian, Abbas Ibn Firnas tampaknya memang belum memikirkan proses pendaratan yang sempurna. Ketika hendak melakukan pendaratan, Abbas tak mampu mengendalikan kecepatan pesawatnya sehingga mengakibatkan dirinya terhempas ke tanah dan menderita cedera serius.

Abbas meninggal pada 887 Masehi, 12 tahun setelah insiden tersebut.

Percobaan Penerbangan Otto Lilienthal 1890M

Seorang sarjana mesin Jerman bernama Otto Lilienthal pada tahun 1890 berhasil mengudara dengan pesawat glidder dari puncak bukit, hingga mendarat d sebuah landasan di tanah. Pesawat glidder rancangan Otto dibuat dari rangka kayu yang dilapisi kain.

Desain Glider Otto Lilienthal, Foto via  Britannica


Ader Eole, Pesawat Pertama Di Dunia Yang Menggunakan Mesin Uap

Clement Ader, seorang insinyur berkebangsaan Perancis pada tahun 1890 berhasil membuat pesawat dengan mesin uap, menggunakan baling-baling, namun tidak dilemgkapi dengan kendali pesawat. Pesawat yang diberi nama Ader Eole tersebut memiliki berat sekitar 51kg dan memiliki kekuatan setara 20 tenaga kuda. Eole merupakan pesawat yang dipiloti yang mampu terbang dengan tenaganya sendiri

Sejarah, Fakta dan Perkembangan Dalam Dunia Penerbangan
Eole, pesawat pertama yang dipiloti dan mamputerbang dengan tenaga mesinnya sendiri, foto via britannica


Wright Bersaudara, Pembuat Pesawat Terbang dengan arah terkendali

Wright bersaudara, yaitu Wilbur Wright dan Orville Wright pada tahun 1903 berhasil menciptakan pesawat yang memiliki kemaampuan manuver dan arah terbangnya dapat dikendalikan ke arah 3 dimensi. Pesawat ciptaan Wright bersaudara ini berhasil terbang untuk pertama kalinya pada 17 Desember 1903.

Sejarah, Fakta dan Perkembangan Dalam Dunia Penerbangan
Wright bersaudara dalam sebuah percobaan terbang, Foto via Britannica

Pesawat Pengebom Pertama di dunia?

Golden Flyer merupakan pesawat pertama yang dirancang sebagai sarana penembakan. Pesawat yang dibuat oleh Glenn Curtis ini pertama kali melakukan uji coba pada tanggal 20 Agustus 1910 di sebuah lapangan di New York. Pada saat itu, pesawat dipiloti oleh Glenn Curtis dan Letnan James Fickel melepaskan tembakan dari dari dalam pesawat dengan ketinggian 30 meter.
Curtiss Golden Flyer, foto via https://azmemory.azlibrary.gov/


Pesawat Penumpang Komersil Pertama Di Dunia

Adalah Boeing seri 247 yangberhasi l terbang melintasi Amerika dengan membawa 10 orang penumpang pada tahun 1933. Pesawat Boeing 247 memiliki kecepatan terbang 300km/ jam dan menjadi pelopor penerbangan modern pertama di dunia yang melakukan penerbangan secara rutin.

Pesawat Penumpang Komersil Pertama Di Dunia
Boeing 247 kapasitas 10 penumpang, foto via pinterest

Pesawat pertama di dunia yang dilengkapi oksigen

Sebuah perusahaan penerbangan di California, Lockheed membangun sebuah pesawat yang pada ruang kabin penumpangnya dilengkapi dengan oksigen bertekanan. Pesawat yang diberi nama The Lockheeed Constellation ini selain untuk pesawat penumpang juga diperuntukkan untuk kebutuhan militer, dan dapat terbang dalam kondisi badai dan cuaca yang buruk.

Pesawat pertama di dunia yang dilengkapi oksigen
Locheed Constellation, foto via hystorinet.com

Pesawat Jet Pertama Di Dunia

De Havilland Comet merupakan pesawat jet pertama di dunia yang dirancang di Inggris sejak tahun 1946. De Havilland Comet berhasil terbang pertama kali pada 27 Juli 1949. De Havilland Comet menggunakan empat mesin turbojet yang dipasang di bawah sayap, menggantikan fungsi baling-baling.

Pesawat Jet Pertama Di Dunia
De Havilland Comet, pesawat jet pertama di dunia, foto via wikipedia

Dengan empat mesin turbojet itu, De Havilland Comet mampu terbang lebih cepat, lebih tinggi, dan lebih nyaman. Pesawat jet pertama di dunia ini terus mengalami perbaikan dan terbang secara komersial pertama kali pada 22 Januari 1952. Namun, pada 2 Mei 1953 salah satu pesawat jenis ini hancur setelah lepas landas dari Kalkuta, disusul dengan kecelakaan tragis serupa pada Januari dan April 1954. Sejak saat itu, pesawat ini tidak lagi digunakan.

Pesawat Jet Komersial Terbesar di Dunia 

Pesawat Airbus A380 merupakan pesawat jet komersial terbesar di dunia saat ini. Pesawat buatan Airbus S.A.S (Prancis) ini melakukan terbang perdana pada 27 April 2005, dan baru digunakan secara komersial pertama kali pada 25 Oktober 2007 oleh Singapore Airlines.

Pesawat Jet Komersial Terbesar
Interior Pesawat Airbus A380, foto via airbus.com

Pesawat ini dibuat dua tingkat dengan empat mesin. Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi dan versi A380-900 memiliki 1.000 kursi penumpang. Kabin pesawat ini juga dilengkapi pusat perbelanjaan, tempat bermain anak, ruang senam, dan fasilitas lainnya. Pesawat A380 ini memiliki  radius penerbangan hingga mencapai 15.100 km.


Balon Udara Terbesar di Dunia

Balon udara Bullet 580 merupakan balon udara dan pesawat terbang terbesar di dunia. Balon udara Bullet 580 memiliki panjang 72 meter atau setara dengan tinggi gedung berlantai 23, dengan diameter 20 meter. Balon udara Bullet 580 terbuat dari karet antipeluru dengan tebal 1,6 mm,dan memiliki kekuatan 10 kali lipat dari kekuatan baja. Karena itu, balon ini bisa membawa muatan lebih dari 907 kg dengan ketinggian 6.096 meter dan kecepatan 80 m/jam. Balon udara Bullet 580 menggunakan bahan bakar alga ini dibuat oleh E-Green Technologies. Balon ini ditiup pertamakali pada Mei 2010 di Garret Coliseum, Alabama, Amerika dan dibutuhkan waktu lebih dari 6 jam untuk mengembangkannya secara sempurna.

Bullet 580 Airship Lifts, Balon udara terbesar di dunia, foto via dailymail.co.uk

0 Response to "Sejarah, Fakta dan Perkembangan Dalam Dunia Penerbangan"

Post a Comment

9 Kecerdasan Burung Merpati Yang Sangat Mengagumkan

Burung Merpati merupakan burung yang paling cerdas di antara burung-burung yang lain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Mo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel