Tabung Gas LPG 3 kg, Modus Kecurangan dan Cara Cek Isi gas LPG Yang Benar

Tabung gas LPG ukuran 3 kilogram, atau masyarakat umum menyebutnya sebagai tabung gas melon, merupakan tabung gas yang mendapatkan subsidi harga dari pemerintah. Di tingkat pangkalan harga gas ukuran tabung 3kg berkisar di harga Rp. 16.000 dan di tingkat pengecer berkisar di Rp.19.000 hingga Rp. 22.000. Namun kali ini kita tidak akan membahas masalah harga gas ukuran tabung 3 kg, melainkan membahas tentang modus kecurangan dan cara cek isi gas LPG yang benar.

Terjadinya kecurangan dalam distribusi gas LPG 3kg ini dikarenakan ada selisih harga yang cukup lumayan dibandingkan gas LPG dengan ukuran tabung 5,5 kg atau 12 kg sekalipun. Taruhlah harga gas LPG ukuran 5.5 kg sebesar Rp.65.000 per tabung sementara dengan uang sama masyarakat bisa membeli gas LPG 3 kg sebanyak 3buah tabung. Disparitas harga inilah yang kemudian memicu oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan kecurangan demi mendapatkan keuntungan.

Modus Kecurangan dalam Distribusi Gas LPG 3kg

Modus kecurangan yang dilakukan oleh oknum nakal yaitu dengan mengoplos dan memindahkan isi tabung gas 3 kg tersebut ke tabung gas LPG ukuran 12 kg. Proses pemindahan isi tabung gas LPG 3kg tersebut sebenarnya sangat berbahaya, karena dapat terjadi ledakan yang tidak diinginkan. Namun karena pertimbangan keuntungan, mereka tetap melakukan kecurangan tersebut. Akibat perbuatan tersebut, isi tabung yang seharusnya diterima oleh masyarakat menjadi berkurang.

Bagaimana cara mengecek isi tabung gas LPG 3 kg yang benar?

Untuk dapat mengetahui isi tabung gas LPG sudah sesuai atau belum, satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah dengan menimbangnya. Berat kosong tabung gas LPG 3 kg adalah 5kg, jadi jika Anda membeli gas dengan ukuran tabung 3 kg dalam kondisi penuh maka seharusnya berat tabungnya adalah 5kg + 3kg = 8kg.

Apa yang dapat Anda lakukan?

Pada saat Anda membeli isi gas LPG ukuran tabung 3kg, pastikan segel dalam keadaan baik
Jika Anda memiliki timbangan berat di rumah Anda, cobalah untuk menimbangnya, jika berat tabung kurang dari 8 kg, ada 2 kemungkinan yang terjadi:

  • Isi tabung gas Anda telah dikurangi
  • Isi tabung gas Anda berkurang karena terjadi kebocoran pada tabung gas Anda.
Contoh tabung LPG 3 kg yang masih  tersegel utuh tapi beratnya hanya 5kg

Demikian pembahasan tentang Tabung Gas LPG 3 kg, Modus Kecurangan dan Cara Cek Isi gas LPG Yang Benar, semoga setelah membaca artikel ini, kita dapat lebih jeli pada saat membeli tabung gas LPG ukuran 3kg


0 Response to "Tabung Gas LPG 3 kg, Modus Kecurangan dan Cara Cek Isi gas LPG Yang Benar"

Post a Comment

Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume Lamaran Pekerjaan

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tahapan  Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume. Sebagian mungkin sudah ada yang t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel