7 Rekomendasi Tempat Paling Aman Untuk Menjual dan Membeli Emas

Emas dikenal sebagai produk investasi yang cenderung tahan banting terhadap pengaruh inflasi. Harga emas cenderung tidak banyak mengalami perubahan dari masa ke masa. Investasi dalam bentuk emas juga sangat mudah dilakukan dan dapat dijalankan oleh siapa saja, sekalipun tidak mempunya kemampuan pengelolaan sejumlah investasi dalam bentuk instrumen lainnya.

emas antam
Emas Antam, foto via inews.id


Resiko yang rendah serta mudah dikelola menjadi salah satu alasan mengapa emas menjadi pilihan investasi yang banyak diminati masyarakat. Selain harganya yang terbilang stabil, investasi dalam bentuk emas juga mudah dan bisa dilakukan dengan  modal yang relatif terjangkau masyarakat.

Selain mudah didapatkan, emas juga dapat dijual kembali jika sewaktu-waktu kita membutuhkan dana dalam waktu yang singkat.

Berikut ini adalah 7 rekomendasi tempat jual beli emas yang bisa kita sambangi untuk melakukan investasi dalam bentuk logam yang berharga.


1. Gedung Pusat Antam

Di Gedung pusat Antam yang berada di Jl.TB Simatupang, Jakarta Selatan, Anda dapat menjumpai butik emas. Butik emas merupakan lini usaha yang dimiliki dan dikelola PT. Aneka Tambang.  Di tempat ini kita bisa melakukan transaksi jual beli emas. akan tetapi harga yang ditawarkan memang sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga di Unit Bisnis Antam.



Harga emas yang cenderung lebih tinggi tersebut tentunya juga mempengaruhi minat pembeli, sehingga wajar jika tempat ini jauh lebih sepi daripada Unit Bisnis Antam. Nah karena sepi, kita bisa jadi lebih nyaman ketika mengantre. Butik emas ini menerapkan harga jual yang sama dengan harga jual yang terdapat di Unit Bisnis Antam, yakni sebesar 95% dari harga pasar.


2. Unit Bisnis Antam

Selain di Butik Emas Antam, kita juga bisa melakukan transaksi jual beli emas di Unit Bisnis Antam yang berada di Jalan Pemuda, Pulogadung Jakarta Timur. Di Unit Bisnis Antam ini Anda akan mendapatkan layanan jual beli emas batangan olahan Antam secara langsung, dengan harga yang termurah jika dibandingkan dengan tempat penjualan emas lainnya, di mana harga yang ditawarkan merupakan harga jual termurah jika dibandingkan dengan tempat penjualan emas lainnya. PT. Antam menerapkan harga jual kembali sebesar 95% dari harga pasar, ini khusus untuk emas yang dibeli dari mereka sebelumnya.

Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia Antam, foto via medcom.id

Untuk beberapa wilayah tertentu, PT. Antam menyediakan layanan Delivery Order di mana harga belinya akan disesuaikan dengan harga yang terdapat di Unit Bisnis Antam. Namun dalam transaksi delivery order, pembeli akan dikenakan biaya pengiriman yang ditetapkan sesuai dengan kebijakan perusahaan.

3. Cabang Antam

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan emas, PT. Aneka Tambang memiliki sejumlah cabang dan juga Butik penjualan emas yang tersebar di beberapa daerah, dan hal ini bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan emas.

Beberapa Butik emas antam terdapat di Bandung, Makassar, Surabaya, dan Palembang. Emas yang dijual di setiap cabang atau butik Antam di semua daerah  memiliki harga yang sama, akan tetapi jika dibandingkan dengan harga emas di Unit Bisnis Antam dan juga Butik Antam di Jakarta, sedikit lebih tinggi.

4. Butik Emas Mobile

Butik Emas Mobile merupakan tempat transaksi jual beli emas Antam,  selain Unit Bisnis dan juga Butik Emas. Butik emas mobile ini dibuka di pusat-pusat keramaian dalam bentuk gerai penjualan.

Butkk Emas Antam di Denpasar, foto via merdeka.com

Kita bisa melihatjadwal penjualan emas di Butik Emas Mobile, melalui Situs Antam. Umumnya Butik Emas Mobile ini hanya menjual emas dalam jumlah terbatas, sehingga acapkali pembeli kehabisan stok emas. Butik Emas Mobile menawarkan emas dengan harga yang sama dengan harga emas di Butik Emas yang terdapat di Gedung Pusat Antam. Sedangkan syarat dan ketentuan pembelian dilakukan dengan mengikuti aturan yang berlaku di Gedung Pusat Antam.

5. Pegadaian

Pegadaian, selain terjun dalam layanan gadai barang juga menjadi salah satu tempat tujuan masyarakat untuk berinvestasi emas. Di Pegadaian masyarakat memiliki pilihan untuk membeli emas secara tunai maupun kredit.

Penjualan emas Antam di Pegadaian, foto via intanblog.com

Untuk membeli emas dengan opsi pembayaran tunai dapat dilakukan   di pegadaian yang memiliki outlet Galeri 24, sedangkan untuk pegadaian yang berada di kantor cabang di daerah-daerah umumnya melayani pembelian emas secara kredit. Masyarakat juga dapat membeli emas secara online melalui situs pegadaian.co.id. 

Semua emas yang diperjualbelikan di pegadaian umumnya berasal dari PT. Aneka Tambang (Antam), yang merupakan produsen emas terbesar di Indonesia. Di Pegadaian kita juga akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan penjualan terhadap emas yang kita beli dari mereka, di mana pembelian kembali akan dilakukan oleh pegadaian sebesar 97% dari harga pasar yang berlaku. Nilai 97%  ini sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga pembelian kembali yang ditawarkan oleh PT. Antam, yakni sebesar 95% dari harga pasar.


6. Bank Syariah

Beberapa bank syariah juga memiliki layanan pembelian emas, di mana kita bisa melakukan transaksi pembelian emas secara syariah. Pembelian emas di Bank syariah juga dapat dilakukan dengan cara kredit yang dapat kita cicil setiap bulannya. Bank Syariah juga memiliki layanan gadai emas yang telah kita beli sebelumnya dengan nilai hingga 95% dari harga pasar yang berlaku.


7. Toko Emas

Jika emas yang dijual oleh PT. Antam berupa emas batangan atau plat, maka lain halnya dengan emas yang dijual di toko emas yang umumnya berbentuk perhiasan. Emas yang berbentuk perhiasan pastinya memiliki harga yang lebih mahal sebab membutuhkan sejumlah biaya dalam pembuatan/pengolahannya. Namun umumnya, harga jual kembali emas perhiasan ini akan jauh lebih rendah dari harga belinya, sehingga seringkali kita mengalami kerugian akibat penjualan kembali, terutama jika harga pasar sedang turun sebab tidak ada ketentuan/persentase tertentu dalam penjualannya.


Investasi Emas

Emas merupakan pilihan investasi yang relatif mudah dilakukan, dan tidak selalu membutuhkan jumlah dana yang besar. Saat kita memiliki dana, jangan ragu untuk segera menginvestasikannya, karena emas merupakan salah satu pilihan investasi yang layak dipertimbangkan.



credit artikel: cermati

0 Response to "7 Rekomendasi Tempat Paling Aman Untuk Menjual dan Membeli Emas "

Post a Comment

Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume Lamaran Pekerjaan

Pada kesempatan ini saya akan memberikan tahapan  Gratis Download Free Template Surat Lamaran dan Resume. Sebagian mungkin sudah ada yang t...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel