Bagaimana Caranya Membuktikan Bahwa Bumi Itu Bulat?

Membuktikan bumi itu bulat

Pada zaman Yunani Kuno, seorang bijak berkata bahwa bumi itu bulat, tetapi tak ada satu orang pun yang percaya. Bagaimanapun, mereka menyadari bahwa saat melakukan perjalanan dari utara ke selatan, gugusan bintang yang biasanya tampak tiba-tiba menghilang, dan gugusan lain terlihat menggantikannya.

Cara Membuktikan bumi itu bulat

Ekspedisi Magellan

Hingga kemudian, seorang pelaut berlayar untuk mengelilingi bumi. Ekpedisi Ferdinand Magellan ini berangkat dari Spanyol pada 20 September 1519, berlayar terus dari barat ke timur tanpa memutar balik dan tiba di tempat yang sama tiga tahun kemudian.

Magellan dan awak kapalnya yang melakukan perjalanan keliling dunia untuk pertama kalinya ini telah membuktikan bahwa bumi itu bulat. Sebelum perjalanan mereka, perdebatan mengenai bentuk Bumi masih terus berlangsung. Karena manusia menganggap dirinya sebagai pusat alam semesta, Bumi disangka berbentuk datar dan dikelilingi lautan! Sekali lagi, tanpa pembuktian, semuanya kelihatan mungkin.


Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Caranya Membuktikan Bahwa Bumi Itu Bulat?"

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur

Apa itu tindihan? Tindihan merupakan suatu kondisi di mana pada saat kita tidur, seolah-olah ada kekuatan yang tidak kasat mata yang meni...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel