Ternyata Ini Penyebab Jepang Kalah di Pertempuran Battle Of Midway Dalam Perang Pasifik

Pertempuran Midway (Battle of Midway)  merupakan salah satu dari rangkaian pertempuran di lautan selama berlangsungnya Perang Pasifik antara Armada Laut Kekaisaran Jepang melawan armada laut Amerika Serikat dan sekutunya.

Pertempuran Midway, foto via nationalww2museum.org

Dalam pertempuran Midway, armada laut Jepang mengerahkan total 131 kapal perang dari berbagai jenis, di antaranya 4 kapal induk berat, 3 kapal induk ringan, 60 kapal perusak, dan berbagai jenis kapal lainnya

Sementara, Amerika Serikat mengerahkan 50 kapal perang dalam berbagai jenis. Walaupun Armada laut Amerika Serikat jumlahnya lebih sedikit, namun armada Amerika Serikat ini dapat mematahkan serangan armada laut Jepang.

Hal ini disebabkan, tak lain karena kesalahan strategi yang dilakukan Laksamana Yamamoto yang memecah armada perangnya ke Kepulauan Aleut dan Midway. Selain itu kode rahasia militer Jepang juga dapat dipecahkan oleh militer Amerika Serikat di bawah pimpinan Laksamana Chester W. Nimitz.

Banyaknya pesawat tempur yang berpangkalan di Midway juga banyak membantu kemenangan Amerika Serikat terhadap armada laut Jepang, dan yang paling penting yaitu peran intelejen Amerika yang sangat akurat dalam memberikan informasi.

Pertempuran Midway merupakan titik balik di mana Jepang mengalami kekalahan setelah mendapatkan berturut-turut mendapatkan kemenangan gemilang di Pertempuran Laut Jawa, serta Pertempuran Laut Karang atau Coral Sea Battle.

Kemenangan di Pertempuran Laut Jawa, serta Pertempuran Laut Karang membawa euforia pada rakyat Jepang yang berimbas pada turunnya kinerja para pekerja di galangan kapal Jepang, sehingga merasa malas karena merasa Jepang sudah menang perang. Hal ini yang kemudian berimbas pada kecepatan produksi kapal perang yang pada akhirnya menentukan jalannya peperangan di kemudian hari.

Dalam pertempuran Battle of Midway ini Jepang kehilangan kapal induk kebanggaannya, yaitu Akagi, Kaga, Soryu dan Hiryu serta sebuah kapal penjelajahnya, yaitu Mikuma. Jepang juga kehilangan  274 pesawat dan 4800 personel Sementara Amerika Serikat kehilangan sebuah kapal induk, USS Yorktown, 150 pesawat dan 307 personelnya.

Dengan tenggelamnya kapal penjelajah Mikuma ini, maka berakhirlah pertempuran Battle of Midway yang dimenangkan Armada laut Amerika Serikat. Pertempuran Battle of Midway menjadi kemenangan Amerika Serikat yang pertama dalam rangkaian Perang Pasifik.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Ini Penyebab Jepang Kalah di Pertempuran Battle Of Midway Dalam Perang Pasifik"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel