Pengalaman Menaklukkan Sales Yang Agresif dan Kecentilan

Mungkin di antara Anda ada yang pernah kedatangan sales door to door yang menawarkan barang dengan begitu agresif, dan saking agresifnya dia tidak akan membiarkan kita untuk bicara. Kita bedah satu per satu dulu ya.

cara menghadapi sales
Ilustrasi; SPG Rokok, foto via twitter @mysmokingroom


Sales Alat Penghemat Listrik/ Electric Saver

Mereka datang ke suatu wilayah secara rombongan, didrop menggunakan mobil, dan kemudian menyebar mencari mangsa. 

Barang yang ditawarkan yaitu alat penghemat listrik, atau electric saver. Prinsip kerjanya mirip dengan panel capasitor bank yang ada di pabrik atau industri. Kalau di pabrik, tujuannya jelas, yaitu untuk mengejar cos phi sehingga terhindar dari biaya pemakaian kelebihan daya reaktif yang dibebankan PLN. Nah kalau untuk pemakaian rumah tangga, tidak perlu pasang peralatan seperti ini. Bukannya menghemat listrik, pemakain alat penghemat listrik ini justru malah akan menambah pemakaian listrik. Ironis bukan?

Saat datang ke rumah Anda, mereka membuka percakapan dengan dalih sedang survey atau berbagai alasan lainnya, mengaku dari PLN atau dari rekanannya dan ujung-ujungnya menawarkan alat penghemat listrik ini. Tidak sekedar menawarkan, mereka kadang juga menambahkan "bumbu" untuk menakut-nakuti calon pembelinya.

Harga alat penghemat listrik di toko atau marketplace cukup murah, atau mau bikin sendiri juga bisa dengan modal tidak sampai 50 ribu untuk membeli sebiji kapasitor Elco 10 micro farrad, namun makhluk-makhluk itu menjualnya berkali lipat hingga 300 ribu.

Bagian dalam alat penghemat listrik, foto via setia1heri.com

Untuk menghadapi sales alat penghemat listrik ini Anda cukup bilang "Maaf tidak berminat", "Maaf saya sudah beli dari sales lain kemarin" atau "Maaf saya juga jualan alat serupa"


Sales kacamata terapi/ Pin hole

Sama seperti sales alat penghemat listrik, mereka datang ke suatu wilayah secara rombongan, didrop menggunakan mobil, dan kemudian menyebar mencari mangsa.

Suatu ketika mereka datang ke saya dan menawarkan kacamata terapi atau pinhole dengan harga sangat fantastis "Bapak terpilih secara khusus dan mendapatkan diskon spesial dari harga Rp. 1.500.000 khusus hari ini cukup membayar Rp.800.000" 

Sambil melayani obrolan si sales saya iseng buka shopee dan ngintip harganya yang cuma Rp. 50.000 untuk merk yang sama. Di jaringan apotek Roxi atau mungkin juga di apotek lain juga tersedia dengan harga tidak beda jauh.

Kalau framenya pakai Rodenstock bolehlah lu tawarin dengan harga 1.5 juta 😂

kacamata terapi pinhole
Kacamata terapi pinhole, foto via moedah.com


Sales Alat Terapi/ Fisioterapi

Nah kalo sales yang satu ini, saya belum sempat lihat barangnya seperti apa. Salesnya keburu kabur setelah dia tanya "Bapak sudah pernah difisioterapi? pake apa? "
Saya jawab: "Pernah, pake TENS (apa itu TENS, silahkan klik di sini )"
Si sales sempat ngasih harga 300 ribu, cuma berhubung saya nggak lihat barangnya seperti apa jadi saya nggak bisa review di sini.

Sales-sales itu ketemu orang yang salah. Yang mereka hadapi bekas sales juga, di perusahaan distributor peralatan listrik untuk pabrik/ industri serta sales peralatan kedokteran yang udah merasakan gimana dimaki-maki oleh dokter 😂

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Menaklukkan Sales Yang Agresif dan Kecentilan"

Posting Komentar

Tips Agar Tidak Tindihan/ di Erep-erep Ketika Tidur

Apa itu tindihan? Tindihan merupakan suatu kondisi di mana pada saat kita tidur, seolah-olah ada kekuatan yang tidak kasat mata yang meni...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel