5 Kerugian Yang Akan Timbul Jika Hutan Musnah

Hutan Untuk Kelangsungan Kehidupan

Hutan memiliki fungsi yang sangat vital dalam kehidupan, tidak hanya manusia, namun juga kehidupan seluruh makhluk yang ada di bumi. Aneka ragam flora dan fauna membentuk lingkaran kehidupan yang saling membutuhkan satu sama lain dalam satu kesatuan rantai makanan. Sehingga apabila satu bagian terganggu maka akan mempengaruhi bagian yang lain.

Kerugian bila hutan musnah


Kerugian jika hutan musnah

Sebagai rumah dan sumber kehidupan yang sangat penting, sudah selayaknya hutan harus dijaga kelestariannya. Walaupun pada saat ini laju deforestasi dan perusakan hutan sudah sangat mengkhawatirkan, karena ambisi manusia yang mengejar keuntungan pribadi, tanpa memikirkan kelangsungan kelestarian alam.

Berikut ini kerugian yang akan dialami jika hutan musnah:                     

1. Ancaman bencana banjir dan tanah longsor

Hutan merupakan rumah dari segala jenis pohon. Seperti kita tahu, dengan akarnya yang kuat, bisa menahan laju air dan erosi. Namun, ketika pohon ditebang habis tak tersisa, maka tidak ada lagi benteng pertahanan yang bisa menjaga tanah agar tidak longsor. Seketika terjadi curah hujan yang tinggi, tanah dengan mudahnya akan longsor dan membawa limpasan air karena tanah tidak kuat menahan tekanan air, dan menerjang apapun yang ada di depannya. Rumah, lahan pertanian dan sebagainya. Dan manusia lah sejatinya yang akan dirugikan.


2. Berkurangnya oksigen dan bertambahnya carbon dioksida

Oksigen merupakan gas yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Sementara pohon, memiliki kemampuan untuk melakukan aktifitas fotosintesis yang menghasilkan gas oksigen dan gula. Di saat bersamaan atau saat fotosintesis berlangsung, tanaman menghisap gas karbondioksida.

Gas karbondioksida adalah gas yang sangat beracun. Bila dalam jumlah yang berlebihan, akan menimbulkan efek rumah kaca. Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton O2.


3. Hilangnya habitat yang menjadi rumah aneka jenis satwa

Hutan merupakan rumah aneka jenis satwa, sekaligus tempat mereka mencari makan dan melangsungkan hidup. Ketika hutan musnah, maka musnah pula satwa-satwa tersebut.

4. Pemanasan Global

Fungsi hutan sebagai paru-paru dunia sangatlah penting. Hutan juga berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca yang timbul karena adanya gas carbondioksida yang berlebihan. Dengan musnahnya hutan maka efek gas rumah kaca akan semakin memperparah pemanasan global.

5. Meningkatnya tinggi muka air laut

Apa hubungannya antara hutan musnah dengan meningkatnya tinggi muka air laut? jelas ada. Seperti yang dijelaskan dalam poin nomer 4, fungsi hutan untuk menekan emisi gas rumah kaca, sehingga apabila hutan kehilangan fungsinya maka pemanasan global akan meningkat. Dengan meningkatnya pemanasan global maka lapisan es yang berada di kutub serta gleitser yang ada di pegunungan-pegunungan tinggi akan mencair sehingga tinggi muka air laut akan meningkat juga. Efek buruknya adalah, kota-kota di dunia yang berada di daratan rendah akan tenggelam


Belum ada Komentar untuk "5 Kerugian Yang Akan Timbul Jika Hutan Musnah"

Posting Komentar

Daftar Pertanyaan dan Jawaban Seputar Virus Corona Covid-19 Yang Sering Ditanyakan

Virus Corona Covid-19 yang telah dinyatakan WHO sebagai Pandemi, telah malanda lebih dari 180 negara di dunia. Banyak negara yang tidak siap...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel