Aji Mumpung, Harga Masker Naik Belasan kali lipat

Merebaknya virus Corona, secara global mulai berpengaruh terhadap ekonomi terhadap negara-negara baik yag terdampak secara langsung maupun tidak langsung. Perdagangan internasional sudah pasti terganggu dengan adanya wabah virus mematikan ini. Ramai negara mengevakuasi warganya dari China, dan ramai negara pula, mengambil kebijakan untuk menyetop kebijakan impor produk yang rentan terpapar virus Corona.

 Harga Masker Naik Belasan kali lipat


Penyebab kenaikan harga masker

Dibalik kenaikan harga masker yang sangat wow, naik berkali lipat dari harga biasanya, ada beberapa kemungkinan yang terjadi:
1. Pabrikan masker di China memprioritaskan untuk kebutuhan dalam negeri China terlebih dahulu, dan berhenti memasok masker ke luar negeri, salah satunya ke Indonesia.
2. Indonesia ada pabrik masker di Kalimantan, dan probably mereka lebih mengutamakan ekspor ke negara lain karena permintaan sedang tinggi sehingga harga pun ikut melonjak, sedangkan untuk pasar domestik, karena tidak ada pasokan, maka harga masker dalam negeri ikut merangkak naik.
3. Ada pemain alkes yang sengaja menimbun stok masker demi keuntungan sesaat, penyakit klasik.

Sekitar 3 tahun yang lalu saya mengambil masker dari distributor atau beli di pasar Glodok dan Pasar Pramuka dengan harga hanya Rp.16.ribu per box, dan saya jual kembali dikisaran harga Rp. 18 - 20 ribu per box. Dan beberapa hari yang lalu, seorang kawan di Jakarta menawarkan masker dengan harga Rp.245.000 per box, wow....Ini udah jadi bisnis di atas penderitaan orang lain.

Harga masker pasti turun lagi

Analisa ngawur saya, jika virus Corona sudah mereda, atau sudah ditemukan obat serta vaksinnya, maka harga masker akan kembali turun. Pabrik-pabrik masker akan kembali mengalami penurunan grafik keuntungan, begitu juga dengan spekulan-spekulan dan penimbun barang, akan menyudahi akasi ambil untung sesaatnya. 

Oke, semangat pagi....sampai berjumpa di artikel saya yang lain

Belum ada Komentar untuk "Aji Mumpung, Harga Masker Naik Belasan kali lipat"

Posting Komentar

Kejiwaan Terganggu, Inilah Dampak Negatif Internet Bagi Anak dan Remaja

Saat ini, Internet bukan suatu hal yang sulit diakses, dengan teknologi 5G yang membuat kecepatannya semakin meningkat. Karena saking mudahn...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel