Cara Parkir Mobil Yang Benar dan Aman di Jalanan Tanjakan

Cara parkir mobil bagi orang yang sudah bisa nyetir mungkin terlihat sepele dan mudah. Tapi bagaimanakah cara parkir mobil yang benar dan aman ketika mobil diparkirkan di jalanan atau kondisi tanahnya yang menanjak.

Cara Parkir Mobil Yang Benar dan Aman di tanjakan


Bagi sebagian orang mungkin berpikiran cukup hanya mengandalkan hand brake, sudah aman. Tapi akan lebih aman lagi bila saat parkir di tanjakan kita masukkan gigi persnelling, sebagai pengaman tambahan, manakala hand brake terjadi kegagalan fungsi maka mobil masih tertahan oleh gear persnelling,.


Bagaimana teknis Cara Parkir Mobil Yang Benar dan Aman?

Ketika posisi hidung mobil mengarah ke tanjakan, dan bagian belakang mobil mengarah ke posisi lebih rendah, maka masukkan gigi -1 (satu). Sebaliknya, bila posisi belakang mobil lebih tinggi dibandingkan dengan posisi depan mobil, maka masukkan gigi persnelling mundur -R. 

Mau lebih aman lagi? Tambahkan ganjal roda, dan mobil kalian jauh lebih aman karena sudah menerapkan 3 pengaman sekaligus, yaitu handbrake, gear persnelling, dan ganjal roda.

Kejadian yang pernah saya alami saat dulu masih menjadi montir di salah satu perusahaan HPH, ada sebuah truk trailler pengangkut kayu yang tiba-tiba berjalan sendiri dan meluncur tidak terkendali karena sistem pengereman udaranya kehilangan tekanan, serta tidak menambahkan pengamanan tambahan, seperti yang saya tuliskan di atas.

Oke, semoga bermanfaat ya tips yang saya bagikan, sampai bertemu kembali di artikel yang lain.

Belum ada Komentar untuk "Cara Parkir Mobil Yang Benar dan Aman di Jalanan Tanjakan"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel