Ngebet Pengen Nikah? Ini 11 Komponen Biaya Nikah Yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Menikah merupakan momen penting saat kita memutuskan untuk mengakhiri masa lajang kita, menyempurnakan agama dan yang paling penting adalah untuk melahirkan keturunan, agar umat manusia tidak punah. Bagi yang sudah dewasa, cukup umur atau minimal sesuai yang dipersyaratkan dalam Undang-undang perkawinan hendaknya bersegera untuk menikah. Namun menikah juga membutuhkan persiapan, baik mental, psikologi, maupun persiapan materi,dalam hal ini untuk membiayai prosesi pernikahan itu sendiri. Sekalipun dalam agama Islam itu sendiri, menikah itu sebaiknya tidak memberatkan salah satu pihak, dan bisa diselenggarakan dengan sesederhana  mungkin.

 11 Komponen Biaya NIkah Yang Perlu Kamu Pertimbangkan


Dilansir dari cermati.com, berikut ini 11 komponen biaya nikah yang sebaiknya dipertimbangkan

1. Biaya Hantaran/ Seserahan

Hantaran atau seserahan merupakan tradisi turun-temurun yang umumnya dilakukan saat prosesi acara pernikahan atau lamaran. Barang yang dibawa dalam seserahan biasanya berupa perlengkapan sholat/ibadah,  perlengkapan wanita (pakaian pesta/kebaya, pakaian dalam, sepatu, tas, jam tangan, make-up, peralatan mandi), hingga makanan dan buah-buahan.

2. Biaya Mahar atau Mas Kawin

Mahar merupakan harta yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada mempelai wanita. Mahar dapat berupa seperangkat alat sholat/ibadah, sejumlah uang tunai hingga perhiasan atau emas (logam mulia).

3. Biaya KUA

Menikah di kantor urusan agama (KUA) itu gratis asalkan menikah pada hari dan jam kerja (Senin – Jumat). Menikah di KUA dikenai biaya ketika calon pengantin menikah bukan di kantor KUA atau di luar hari dan jam kerja KUA

4. Biaya Cincin Kawin

Besarnya biaya cincin kawin tidak sama pada setiap orangnya, tergantung pada model, berat, bahan serta brand yang dipilih. 

5. Biaya Wedding Organizer

Buat pasangan pengantin yang tidak ingin direpotkan segala urusan tetek bengek menjelang pernikahan dapat menggunakan jasa wedding organizer (WO). Wedding Organizer ini yang akan mengatur konsep, gedung, dekorasi hingga katering. Terima beres pokoknya.

6. Biaya Gedung

Menggelar prosesi nikah di sebuah gedung merupakan salah satu pilihan yang tidak mutlak, namun jika kalian sudah memutuskan untuk menikah di gedung maka pertimbangkan biaya sewa gedung. Untuk menyewa gedung juga tidak dapat dilakukan secara mendadak, ada yang antri, kalian sudah harus mempersiapkannya dengan matang jauh hari sebelumnya.

7. Biaya Katering & Dekorasi

Biaya katering dan dekorasi ini kalian yang akan menentukan seberapa besar dana yang akan dialokasikan. Semakin enak dan semakin banyak pilihan menu katering yang akan dihidangkan maka biaya akan semakin besar.

8. Biaya Undangan & Souvenirs

Kartu undangan nikah versi cetak masih cukup populer dan banyak digunakan hingga saat ini. Seiring dengan perkembangan teknologi,  kini ada banyak penyedia desain dan cetak undangan nikah online dengan aneka variasi desain dan kreativitas. Pastikan, membaca review jasa mereka atau mencari rekomendasi dari teman/kerabat agar puas dengan hasilnya.

9. Biaya Rias & Baju Pengantin

Rias dan baju pengantin menjadi hal penting yang tidak boleh dianggap enteng. Orang bilang, ‘ada harga, ada rupa’, tentunya agar di hari-H pernikahan kalian berdua terlihat "beda" dan elegan. Usahakan jauh-jauh hari, mulai cari informasi jasa tata rias dan sewa baju pengantin yang cocok dan sesuai bujet.

10. Biaya Dokumentasi

Jasa dokumentasi pernikahan meliputi foto dan video. Ada banyak paket yang bisa dipilih mulai dari paket lengkap prewedding hingga pernikahan. Lakukan riset dan perbandingan harga untuk mencari jasa fotographer dan videographer terbaik.

11. Biaya Tambahan Lainnya

Pos biaya tambahan yang perlu dipersiapkan juga antara lain, biaya seragam keluarga dan bridesmaid/groomsmen, hiburan musik, kue pengantin hingga sewa mobil pengantin. Catat dan diskusikan dengan pasangan, apa saja rincian biaya tambahan yang jadi prioritas. Apakah lebih baik sewa baju atau jahit, mau hiburan musik menggunakan jasa teman atau profesional, dan lain sebagainya.

Nah, demikian ulasan 11 Komponen Biaya Nikah Yang Perlu Kamu Pertimbangkan, semoga kalian yang ingin mengakhiri masa jomblo dengan halal, memperoleh gambaran apa yang harus kalian persiapkan.

Belum ada Komentar untuk "Ngebet Pengen Nikah? Ini 11 Komponen Biaya Nikah Yang Perlu Kamu Pertimbangkan"

Posting Komentar

Cara Mengenali Ciri Fisik, Penyebaran dan Siklus Nyamuk Penyebab DBD

Pada tulisan sebelumnya kita telah membahas tentang  7 Cara Mudah dan Sederhana Agar Tidak Digigit Nyamuk , dan kali ini kita akan mengupas ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel